Konsep Keadilan Berpoligami Masyarakat Kalibaru Perspektif Fiqh Munakahat dan Kompilasi Hukum Islam (KHI)

Mabrur, Ramadhani (2022) Konsep Keadilan Berpoligami Masyarakat Kalibaru Perspektif Fiqh Munakahat dan Kompilasi Hukum Islam (KHI). Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Mabrur Ramadhani(1).pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
MABRUR RAMADHANI, 2022 : Konsep Keadilan Berpoligami Masyarakat Kalibaru Perspektif Fiqih Munakahat Dan Kompilasi Hukum Islam (KHI)
Kata Kunci : Keadilan, Poligami, Tokoh Masyarakat, Kompilasi Hukum Islam (KHI)
Dalam berpasangan tidaklah harus terdiri satu orang dalam kedua pihak, dengan artian pasangan itu boleh lebih dari satu dalam pihak lain, begitupun manusia,laki-laki memiliki lebih dari satu istri itu di bolehkan, namun konsep ini tidaklah berlaku bagi kaum wanita dalam ajaran islam sendiri. Negara ini yaitu Indonesia mempunyai sebutan khusus untuk praktik semacam ini yaitu konsep poligami. Poliagami memiliki kaitan yang erat dengan keadilan karena masih sangat rentan terjadi sebuah keadaan yang sangat tidak diinginkan oleh dua pihak terkaitan pernikahan poligami serta keadilan.
Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah : 1) Bagaimana pandangan fiqih munakahat dan KHI terhadap konsep keadilan berpoligami? 2) Bagaimana konsep keadilan berpoligami menurut para tokoh masyarakat kalibaru? 3) Bagaimana praktik keadilan berpoligami bagi pelaku poligami di masyarakat kalibaru? tujuan penelitian ini dibuat 1) untuk mengetahui pandangan fiqh munakahat dan KHI terhadap konsep keadilan berpoligami. 2) Untuk mengetahui konsep keadilan berpoligami menurut para tokoh masyarakat kalibaru. 3) Untuk mengetahui praktik keadilan berpoligami bagi pelaku poligami di masyarakat kalibaru.
Metode penelitian yang digunakan adalah dengan pendekatan kualitatif yang menghasilkan data naturalistic berupa penjelasan yang alamiah. Metode pengumpulan data menggunakan menggunakan pengumpulan data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Dan untuk mendapatkan keabsahan data melakukan perpanjangan kehadiran peneliti, observasi yang diperdalam, triangulasi, dan uraian rinci.
Hasil dari penelitian ini ialah Poligami menurut fiqh dan KHI adalah sebuah praktik pernikahan dengan lebih dari dua isteri dengan mengedepankan keadilan sebagaimana yang ada pada nash alquran, dan diatur dalam Kompilasi Hukum Islam (KHI). Berdasarkan hasil wawancara keberbagai tokoh agama islam yang ada di Kalibaru Wetan, bahwasanya konsep adil dalam prinsip poligami adalah adil yang dimaksud dalam ayat alquran memiki banyak konotasi makna. Namun yang menjadi fokusnya adalah seorang suami harus bersikap adil dalam prihal nafkah baik itu sifatnya lahiriyyah, maupun bathiniyyah. Mengenai keadilan dalam praktik poligami yang terjadi di lapangan khususnya di Kalibaru Wetan bahwasanya para pelaku poligami menekankan keadilan dalam prihal nafkah yang bersifat finansial yang sekiranya bisa mencukupi akan kebutuhan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180113 Family Law
Divisions: Fakultas Syariah > Ahwal As-Syakhsyiyyah
Depositing User: L Mabrur Ramadhani
Date Deposited: 20 Jul 2022 01:07
Last Modified: 20 Jul 2022 01:07
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/10879

Actions (login required)

View Item View Item