Kemampuan representasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal higher order thinking skill (HOTS) materi bangun ruang sisi datar ditinjau dari perbedaan gender di SMP Negeri 3 Jember

Juitasari, Hasanah (2022) Kemampuan representasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal higher order thinking skill (HOTS) materi bangun ruang sisi datar ditinjau dari perbedaan gender di SMP Negeri 3 Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text
WTRMK Skripsi Anna .pdf

Download (3MB)

Abstract

Hasanah Juitasari, 2022: Kemampuan Representasi Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Higher Order Thinking Skill (HOTS) Materi Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau Dari Perbedaan Gender di SMPN 3 Jember.

Kata Kunci: Representasi matematis, soal HOTS dan gender

Kemampuan representasi matematis sangat berperan penting dalam menentukan bagaimana sikap siswa ketika dihadapkan dengan suatu permasalahan atau dalam memberikan jawaban saat menyelesaikan suatu permasalahan yang ada khususnya permasalahan matematika.
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui kemampuan representasi matematis siswa laki-laki dalam menyelesaikan soal HOTS materi bangun ruang sisi datar. 2) Mengetahui kemampuan representasi matematis siswa perempuan dalam menyelesaikan soal HOTS materi bangun ruang sisi datar.
Penelitian ini menggunakan jenis penenilitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penlitian ini yaitu: 1) Tes (pemberian soal); 2) Wawancara; 3) Dokumentasi; 4) Lembar validasi. Analisis data dalam penelitian ini yaitu: 1) Kondensasi data (Data Condensation); 2) Penyajian data; 3) Verifikasi dan Penarikan kesimpulan. Keabsahan data pada penelitian ini menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi waktu.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan: 1) Kemampuan representasi matematis siswa laki-laki dalam menyelesaikan soal HOTS materi bangun ruang sisi datar di SMPN 3 Jember yaitu mampu menyelesaikan masalah dengan melibatkan ekspresi matematis, mampu membuat gambar untuk memperjelas masalah, memfasilitasi penyelesaian soal dan mampu menuliskan langkah-langkah penyelesaian dengan kata-kata; 2) Kemampuan representasi matematis siswi perempuan dalam menyelesaikan soal HOTS materi bangun ruang sisi datar di SMPN 3 Jember yaitu mampu menyelesaikan representasi simbolik dengan benar, cenderung kesulitan dalam menyelesaikan representasi visualnya dan mampu menyelesaikan representasi verbal dengan tepat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Nona Hasanah Juitasari
Date Deposited: 10 Aug 2022 02:03
Last Modified: 10 Aug 2022 02:03
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/10887

Actions (login required)

View Item View Item