PERLINDUNGAN KERJA BAGI PEGAWAI PT. LEJEL HOME SHOPPING CABANG JEMBER DALAM PERSPEKTIF UU NO 13 TAHUN 2003 TENTANG KETENAGAKERJAAN DAN HUKUM EKONOMI ISLAM

Moh., Wildani (2022) PERLINDUNGAN KERJA BAGI PEGAWAI PT. LEJEL HOME SHOPPING CABANG JEMBER DALAM PERSPEKTIF UU NO 13 TAHUN 2003 TENTANG KETENAGAKERJAAN DAN HUKUM EKONOMI ISLAM. Undergraduate thesis, Universitas Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Moh. Wildani Firdaus.pdf

Download (11MB)

Abstract

Moh Wildani Firdaus, Pujiono 2022 : PERLINDUNGAN KERJA BAGI PEGAWAI PT. LEJEL HOME SHOPPING CABANG JEMBER DALAM PERSPEKTIF UU NO 13 TAHUN 2003 TENTANG KETENAGAKERJAAN DAN HUKUM EKONOMI ISLAM.
Pada hakikatnya perlindungan kerja adalah perlindungan hukum yang diberikan kepada para pekerja, perlindungan hukum adalah memberikan pengayoman terhadap hak asasi manusia (HAM) yang dirugikan orang lain dan perlindungan itu diberikan kepada masyarakat agar dapat menikmati semua hak-hak yang diberikan oleh hukum. Sedangkan perlindungan kerja ialah perlindungan yang diberikan sebagai pengakuan terhadap hak-hak pekerja sebagai manusia yang harus diperlakukan secara manusiawi dengan mempertimbangkan keterbatasan kemampuan fisiknya. Perlindungan kerja dapat dilakukan baik dengan jalan memberikan tuntunan, maupun dengan jalan meningkatkan pengakuan hak-hak asasi manusia, perlindungan fisik dan teknis serta sosial dan ekonomi melalui norma yang berlaku dalam lingkungan kerja itu.
Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah : 1) Bagaimana perlindungan hukum terhadap tenaga kerja bagi pegawai PT. Lejel Shopping Cabang Jember? 2) Bagaimana Pelaksanaan perlindungan tenaga kerja bagi pegawai PT. Lejel Shopping Cabang Jember menurut Undang – Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan? 3) Bagaimana perlindungan hukum bagi pegawai PT. Lejel Shopping Cabang Jember menurut hukum ekonomi Islam?
Tujuan penelitian ini adalah Mendeskripsikan perlindungan kerja bagi pegawai PT. Lejel Shopping Cabang Jember . Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif, yaitu penelitian yang bermaksud untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian misalnya perilaku, persepsi, motivasi, tindakan, dll. secara holistik dan dengan cara deskripsi dalam bentuk kata-kata dan bahasa, pada suatu konteks khusus yang alamiah dan dengan memanfaatkan berbagai metode alamiah.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : Sesuai dengan Undang – Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan, PT. Lejel Home Shopping Cabang Jember telah memberikan hak – hak pegawai sebagai tenaga kerja diantaranya yakni: 1) Perlindungan kerja berupa kesehatan, waktu, istirahat, dan keselamatan kerja. 2) Perlindungan Sosial berupa BPJS Kesahatan dan BPJS Ketenagakerjaan. Ditinjau dari hukum Islam, sebenarnya konsep tentang jaminan sosial atau perlindungan sosial dalam masyarakat telah ada dalam ajaran Islam. Jaminan perlindungan sosial yang telah diamalkan dalam Islam itu secara umumnya dapat dibagikan kepada dua, yaitu Jaminan yang dilakukan oleh anggota masyarakat dan Jaminan yang dilakukan oleh pemerintah.

Kata kunci :Perlindungan Kerja

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Islam
Depositing User: Moh. Wildani Firdaus
Date Deposited: 22 Jul 2022 02:11
Last Modified: 22 Jul 2022 02:11
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/10911

Actions (login required)

View Item View Item