APASAH E AREH KELAHIRAN (Studi Living Hadits Syukur Di Pondok Pesantren Al-Faqih Dusun Taman Desa Sukosari Kecamatan Tamanan Kabupaten Bondowoso)

UMAM S., KHOIRUL (2022) APASAH E AREH KELAHIRAN (Studi Living Hadits Syukur Di Pondok Pesantren Al-Faqih Dusun Taman Desa Sukosari Kecamatan Tamanan Kabupaten Bondowoso). Undergraduate thesis, UIN KHAS JEMBER.

[img] Text
KHOIRUL UMAM S..pdf

Download (1MB)

Abstract

APASAH E AREH KELAHIRAN (Studi Living Hadits Syukur Di Pondok Pesantren Al-Faqih Dusun Taman Desa Sukosari Kecamatan Tamanan Kabupaten Bondowoso)
Kata kunci: Apasah, Pondok

Apasah e areh kelahiran merupakan tradisi yang dilaksanakan oleh para santri di pondok pesantren Al-Faqih yaitu, tradisi tersebut meskipun tidak di wajibkan oleh para kiai di pondok pesantren Al-Faqih tapi para santri tetap mewajibkan untuk dirinya sendiri meskipun itu tidak di lakukan secara terus menerus. Meskipun apasah e areh kelahiran sudah menjadi tradisi di pondok pesantren Al-Faqih setiap santri memiliki alasan tersendiri dalam mengikuti tradisi tersebut . pencarian motif dan manfaat menjadi daya tarik tersendiri bagi peneliti, sehingga peneliti mengambil judul APASAH E AREH KELAHIRAN
(Studi Living Hadits syukuran Di Pondok Pesantren Al-Faqih Dusun Taman Desa Sukosari Kecamatan Tamanan Kabupaten Bondowoso).
Adapun rumusan masalahnya antara lain 1). Sejarah apasah e areh kelahiran? 2). Pelaksanaan apasah e areh kelahiran? 3). Motif dan manfaat apasah e areh kelahiran?.
Penelitian ini menggunakan jenis pnelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan field research. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan cara: 1) observasi. 2) interview kepada para subyek penelitian. 3) dokumentasi.
Hasil dalam penelitian ini menunjukkan, 1). apasah e areh kelahiran ini dilaksanakan pertama kali oleh Kiai Ahmad Hasyim Asy’ari pada bulan januari tahun 1960 saat Kiai masih di pondok pesantren Suger, 2). Pelaksanaan apasah e areh kelahiran yaitu a). Salat hajad b). Sahur c). Ngaji Al-Mulk dan Al- Waqiah d). Buka puasa, 3). apasah e areh kelahiran itu penting untuk dilakukan meskipun itu tidak diwajibkan oleh para kiai pondok pesantren Al-Faqih. Manfaatnya sangat banyak salah satunya yaitu dimurahkan rezekinya, lancar segala kegiatannya, bersyukur suatu kebutuhan manusia untuk melengkapi hidup apalagi manusia banyak keinginannya maka dengan apasah e areh kelahiran sebagai wasilah dikabulkanya doa-doa.
Apasah e areh kelahiran ini dilakukan saat hari atau bulan kelahirannya masing masing santri dan disaat melaksanakan syakuran dalam memperingati hari kelahiran yaitu dengan cara berpuasa para santri di anjurkan untuk membaca Al-Mulk dan Al-Waqi’ah karena di dalam surat tersebut mempunyai banyak manfaat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1601 Anthropology > 160104 Social and Cultural Anthropology
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab dan Humaniora > Ilmu Hadits
Depositing User: Khoirul Umam S.
Date Deposited: 20 Jul 2022 02:58
Last Modified: 20 Jul 2022 02:58
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/10912

Actions (login required)

View Item View Item