Hubungan Regulasi Diri Dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Bekerja Fakultas Psikologi Di Universitas Yudharta Purwosari Kabupaten Pasuruan

Arianticha, Ridha Sadida (2022) Hubungan Regulasi Diri Dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Bekerja Fakultas Psikologi Di Universitas Yudharta Purwosari Kabupaten Pasuruan. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text
Ridha Sadida Arianticha_D20185071.pdf

Download (3MB)

Abstract

Ridha Sadida Arianticha, 2022: Hubungan Regulasi Diri Dengan Prestasi Belajar
Mahasiswa Bekerja Fakultas Psikologi Di Universitas Yudharta, Purwosari
Kabupaten Pasuruan.
Kata Kunci: Regulasi Diri, Prestasi Belajar, Mahasiswa Bekerja
Regulasi diri merupakan suatu kemampuan dalam bentuk strategi yang
dimiliki individu dalam mengorganisasi segala macam aktifitasnya guna mencapai
suatu keberhasilan untuk menetapkan suatu tujuan tertentu. Pada mahasiswa bekerja
regulasi diri sangat perlu diterapkan guna mencapai suatu keberhasilan dalam
belajarnya, yang dibuktikan dengan adanya suatu prestasi belajar.
Fokus masalah pada penelitian ini apakah ada hubungan antara regulasi diri
dengan prestasi belajar mahasiswa bekerja Fakultas Psikologi di Universitas
Yudharta Purwosari, Kabupaten Pasuruan. Tujuan dalam penelitian ini untuk
mengetahui ada atau tidak hubungan regulasi diri dengan prestasi belajar mahasiswa
bekerja Fakultas Psikologi di Universitas Yudharta Purwosari, Kabupaten Pasuruan.
Untuk mengidentifikasi permasalah tersebut dalam peneltian ini
menggunakan metode kuantitatif korelasional. Dengan menggunakan populasi
mahasiswa bekerja di kelas khusus Fakultas Psikologi Universitas Yudharta
Purwosari, Kabupaten Pasuruan sebanyak 76 orang. Tehnik pengambilan sampel
menggunakan tehnik sampling jenuh dengan jumlah subjek sebanyak 76 orang.
Adapun tehnik pengumpulan data menggunakan angket atau kuisioner. Data dalam
penelitian ini diperoleh dengan menggunakan skala regulasi diri dan prestasi belajar.
Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini analisis product moment
Pearson dengan menggunakan ketentuan nilai sig. < 0,05. Hasil penelitian ini
menunjukkan nilai koefisien korelasi rxy= 0,819 yang berarti korelasi antar variable
regulasi diri dengan prestasi belajar memiliki hubungan yang kuat dan berkorelasi
positif. Pada nilai taraf signifikasi diperoleh nilai sebesar 0,000 <0,05 yang jika
diinterpretasikan hasil tersebut mendukung hipotesis alternatif yang telah
dirumuskan. Sehingga, hipotesis alternatif pada penelitian ini diterima. Dalam
penelitian ini memperoleh simpulan bahwa: 1) Tingkat regulasi diri pada mahasiswa
bekerja Fakultas Psikologi Universitas Yudharta berada pada kategori sedang dengan
persentase mencapai 69,7%. Regulasi diri mahasiswa bekerja dipengaruhi oleh faktor
internal atau faktor dari dalam individu. 2) Tingkat prestasi belajar pada mahasiswa
bekerja Fakultas Psikologi Universitas Yudharta berada pada kategori sedang dengan
persentase sebesar 71,1% hal tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya
kurang fokus dalam belajar didalam kelas akibat kelelahan, tidak memiliki fasilitas
belajar yang memadai, bersikap pasif saat diskusi didalam kelas serta sering
terlambat dalam mengumpulkan tugas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Ridha Sadida Arianticha
Date Deposited: 20 Jul 2022 01:52
Last Modified: 20 Jul 2022 01:52
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/10914

Actions (login required)

View Item View Item