UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI MENGHAFAL AL-QUR’AN SANTRI MELALUI PROGRAM REWARD DAN PUNISHMENT DI PONDOK PESANTREN DARUSSALAM BLOKAGUNG

Ma'rifah, Hidayatul (2022) UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI MENGHAFAL AL-QUR’AN SANTRI MELALUI PROGRAM REWARD DAN PUNISHMENT DI PONDOK PESANTREN DARUSSALAM BLOKAGUNG. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
SKRIPSI HIDAYATUL MA'RIFAH WATERMARK.pdf

Download (2MB)

Abstract

Memiliki kemampuan menghafal Al-Qur‟an 30 juz merupakan keinginan yang banyak diimpikan oleh kalangan orang muslim. Selain menghafalkan, juga harus menjaga ayat-ayat Al-Qur‟an yang sudah dihafal. Dalam menghafal Al-Qur‟an motivasi sangat dibutuhkan dan berfungsi sebagai pendorong usaha seorang penghafal Al-Qur‟an serta pencapaian menghafal Al-Qur‟an. dalam proses menghafal Al-Qur‟an, motivasi yang dimiliki dapat dilihat dari aktivitas-aktivitas yang dapat menunjang dalam proses menghafal Al-Qur‟an, semakin tinggi motivasi yang dimilki maka semakin mudah dalam proses menghafal. Melihat tinggi rendahnya motivasi yang dimiliki santri perlu adanya cara untuk lebih meningkatkan motivasi menghafal Al-Qur‟an dengan memberikan reward dan punishment.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1)Bagaimana program reward dan punishment dalam meningkatkan motivasi menghafal Al-Qur‟an santri pondok pesantren darussalam blokagung? 2)Bagaimana motivasi menghafal Al-Qur‟an santri pondok pesantren darussalam blokagung? 3)Apakah program reward dan punishment mampu meningkatkan motivasi menghafal Al-Qur‟an santri pondok pesantren darussalam blokagung?
Tujuan penelitian ini adalah: 1)Mendeskripsikan bagaimana program reward dan punishment dalam meningkatkan motivasi menghafal Al-Qur‟an santri pondok pesantren darussalam blokagung.2)Mendeskripsikan bagaimana motivasi menghafal Al-Qur‟an santri pondok pesantren darussalam blokagung.3)Mendeskripsikan apakah program reward dan punishment mampu meningkatkan motivasi menghafal Al-Qur‟an santri pondok pesantren darussalam blokagung.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini dilakukan dengan purposive sampling. Metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, kesimpulan dan verifikasi. Sedangkan untuk keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan 1)reward diberikan pada santri setelah santri menyelesaikan target setoran setiap harinya dan punishment diberikan pada santri setiap harinya ketika ada santri yang melanggar pada saat kegiatan setoran berlangsung. 2)motivasi menghafal Al-Qur‟an yang dimiliki santri asrama Syafa‟atul Qur‟an cukup baik. Selain motivasi intrinsik yang ada pada santri, motivasi intrinsik santri juga didukung oleh motivasi ekstrinsik yang dimiliki oleh para santri seperti halnya dukungan dari orang tua dan lingkungan sekitar. 3)program reward dan punishment yang diberikan pada santri mampu meningkatkan motivasi menghafal santri. Hal ini dapat dilihat dari perubahan yang ditunjukkan santri dalam bentuk aktivitas-aktivitas yang dilakukan setiap harinya.

Kata Kunci: Motivasi, Menghafal Al-Qur‟an, Reward, Punishment.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1699 Other Studies in Human Society > 169999 Studies in Human Society not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Mrs Hidayatul Ma'rifah
Date Deposited: 10 Aug 2022 02:03
Last Modified: 10 Aug 2022 02:03
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/10917

Actions (login required)

View Item View Item