Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Fotonovela pada Materi Sistem Pernapasan Manusia Kelas VIII SMP/MTs

Uswatun Khasanah, - (2021) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Fotonovela pada Materi Sistem Pernapasan Manusia Kelas VIII SMP/MTs. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Progam Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam.

[img] Text
Uswatun Khasanah_T201710033.pdf

Download (7MB)

Abstract

Uswatun Khasanah, 2021: Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Fotonovela pada Materi Sistem Pernapasan Manusia Kelas VIII SMP/MTs Kata Kunci : Media Pembelajaran, Sistem pernapasan manusia, fotonovela Media pembelajaran merupakan perantara yang mengatur informasi antara sumber informasi yaitu (materi) dengan penerima (peserta didik). Media pembelajaran yang baik media yang relevan dengan tujuan, materi, dan karakteristik siswa salah satu media pembelajaran yaitu media fotonovela. Fotonovela sebagai media yang menyerupai komik atau cerita bergambar, dengan menggunakan foto sebagai pengganti gambar ilustrasi. Media fotonovela ini dapat diterapkan dalam pembelajaran salah satunya pada materi sistem pernapasan manusia karena sesuai dengan karakteristik materi tersebut. Berdasarkan studi pendahuluan yang peneliti lakukan di SMP N 1 Wuluhan, diperoleh fakta bahwa guru mengalami masalah terkait pengembangan media pembelajaran. Oleh karena itu, media pembelajaran berbasis fotonovela ini diharapkan dapat menjadi alternatif untuk mengatasi masalah tersebut agar siswa kembali semangat dalam belajar dan proses pembelajaran bisa menjadi lebih menyenangkan khususnya dalam materi sistem pernapasan manusia. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan kevalidan media pembelajaran berbasis fotonovela pada materi system pernapasan manusia. 2) Mendeskripsikan respons siswa terhadap pengembangan media pembelajaran berbasis fotonovela pada materi sistem pernapasan manusia untuk siswa SMP/MTs. Penelitian ini termasuk jenis penelitian dan pengembangan (Research and Development). Peneliti menerapkan model penelitian pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Namun peneliti membatasi penelitian dengan dilakuan hanya pada tahap Implementation dikarenakan peneliti tidak menguji keefektivitasan hasil belajar siswa. Pengumpulan data peneliti diperoleh menggunakan instrumen yang berupa pedoman wawancara, lembar angket analisis siswa, lembar validasi materi, lembar validasi media, lembar validasi pengguna (guru), dan angket respon siswa untuk dilakukan uji coba skala terbatas yaitu skala kecil 6 siswa dan skala besar pada 32 siswa. Penelitian ini memperoleh kesimpulan: 1) Hasil analisis validasi dari ahli materi, ahli media dan ahli praktisi menunjukkan bahwa persentase kevalidan masing-masing penilaian sebesar 93,84%, 93,84% dan 92,63% dengan rata-rata nilai dari para ahli yakni 94,42%. Hal ini menunjukan media pembelajaran termasuk dalam kategori sangat valid artinya media pembelajaran dapat dilanjutkan untuk dilakukan uji coba lapangan pada siswa. 2) Hasil analisis dari tahapan uji coba skala kecil dan uji coba skala besar menghasilkan nilai masingmasing sebesar 82,04% dan 84,91% yang menghasilkan rata-rata 83,69%, nilai ini termasuk dalam kategori “Sangat Menarik”. Dengan demikian media pembelajaran berbasis fotonovela yang dikembangkan sudah layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: Mr Ifan Ali Mufti
Date Deposited: 20 Jul 2022 01:00
Last Modified: 20 Jul 2022 01:00
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/10927

Actions (login required)

View Item View Item