Kemampuan Number Sense Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Pada Materi Pecahan Kelas VII A MTs NU Al-Badar Kabupaten Jember

Rohmawati, Anis (2022) Kemampuan Number Sense Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Pada Materi Pecahan Kelas VII A MTs NU Al-Badar Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Anis Rohmawati_T20177061.pdf

Download (4MB)

Abstract

Kemampuan number sense adalah suatu kemampuan yang dimiliki seseorang terhadap kepekaan bilangan, hubungan antar bilangan serta perhitungannya untuk menyelesaikan masalah matematika secara fleksibel yang tidak terikat oleh prosedur atau algoritma tradisional. Siswa yang memiliki kemampuan number sense yang baik akan mampu memanfaatkan pengetahuannya tentang bilangan dalam menyelesaikan masalah matematika. Oleh karena itu, tinjauan mengenai kemampuan number sense siswa perlu dilakukan untuk melihat sejauh mana siswa dapat menggunakan kemampuan number sense dalam menyelesaikan masalah.
Adapun tujuan dari penelitian ini yakni 1) untuk mendeskripsikan kemampuan number sense siswa yang memiliki kemampuan tingkat tinggi dalam menyelesaikan masalah matematika pada materi pecahan kelas VII A, 2) untuk mendeskripsikan kemampuan number sense siswa yang memiliki kemampuan tingkat sedang dalam menyelesaikan masalah matematika pada materi pecahan kelas VII A, 3) untuk mendeskripsikan kemampuan number sense siswa yang memiliki kemampuan tingkat rendah dalam menyelesaikan masalah matematika pada materi pecahan kelas VII A.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif yang dilakukan di MTs NU Al-Badar Kabupaten Jember. Dalam pemilihan subjek penelitian, peneliti menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes tertulis, wawancara dan dokumentasi. Untuk keabsahan data, peneliti menggunakan triangulasi teknik dan waktu, di mana untuk tes diberikan sebanyak 4 kali dengan jeda waktu 3 hari, sedangkan untuk analisis data, peneliti menggunakan analisis data Miles, Huberman, dan Saldana.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) siswa berkemampuan
matematika tinggi memenuhi semua indikator number sense pada materi pecahan, 2) siswa dengan kemampuan sedang belum mampu menguasai konsep number sense secara keseluruhan karena hanya memenuhi 4 indikator number sense yaitu selain indikator-indikator selain mengidentifikasi jenis-jenis operasi pecahan dan mengidentifikasi karakteristik hasil operasi bilangan pecahan, 3) Siswa dengan kemampuan rendah juga belum mampu menguasai konsep number sense karena hanya mampu memenuhi 2 indikator yaitu mengidentifikasi keterurutan dan keteraturan pada sistem bilangan pecahan dan merepresentasikan urutan bilangan. Selain itu, siswa dengan kemampuan matematika sedang rendah cenderung tidak fleksibel dan masih menggunakan cara prosedural yang diajarkan sekolah dalam menyelesaikan masalah.
Kata Kunci: Kemampuan Number Sense, Masalah Matematika, Materi Pecahan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0102 Applied Mathematics > 010206 Operations Research
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Anis Rohmawati
Date Deposited: 20 Jul 2022 09:08
Last Modified: 20 Jul 2022 09:08
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/10929

Actions (login required)

View Item View Item