Nur Faiotul Himmah, - (2021) Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Keaktifan Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMK Walisongo Rambipuji Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Tadris Matematika.
Text
Nur Faiqotul Himmah_T20177088.pdf Download (9MB) |
Abstract
Nur Faiotul Himmah, 2021: Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Keaktifan Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMK Walisongo Rambipuji Tahun Pelajaran 2020/2021 Kata Kunci: Kecerdasan Emosional, Keaktifan Belajar, Hasil Belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya faktor yang memengaruhi hasil belajar diantaranya adalah kecerdasan Emosional dan keaktifan siswa. Kecerdasan Emosional dan keaktifan belajar dalam proses pembelajaran sangatlah penting, karena pembelajaran tidak hanya memindahkan pengetahuan dari guru ke siswa tetapi juga menciptakan situasi yang dapat membawa siswa aktif belajar untuk mencapai perubahan tingkah laku. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Adakah pengaruh kecerdasan emosional terhadap hasil belajar matematika?, 2) Adakah pengaruh keaktifan belajar terhadap hasil belajar matematika?, 3) Adakah pengaruh kecerdasan emosional dan keaktifan belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X SMK Walisongo Rambipuji Tahun Pelajaran 2020/2021? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional terhadap hasil belajar matematika dan untuk mengetahui pengaruh keaktifan belajar terhadap hasil belajar matematika, serta untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional dan keaktifan belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X SMK Walisongo Rambipuji Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan penelitian pendekatan kuantitatif, jenis penelitiannya asosiatif. Populasi meliputi seluruh siswa kelas X yang berjumlah 87 siswa. Penelitian ini adalah penelitian populasi, teknik pengumpulan datanya menggunakan angket dan dokumentasi. Data yang diperoleh, diolah dengan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Dari hasil uji statistik t diperoleh thitung sebesar 5,398 lebih besar dari ttabel yakni 1,998 dengan sig. sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05. Hal ini dapat diartikan bahwa variabel kecerdasan emosional berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X di SMK Walisongo Rambipuji Tahun Pelajaran 2020/2021, dengan besar pengaruh 53,3% sedangkan 46,7% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. 2) Dari hasil uji statistik t diperoleh thitung sebesar 2,140 lebih besar dari ttabel yakni 1,998 dengan sig. sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05. Hal ini dapat diartikan bahwa variabel keaktifan belajar berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X di SMK Walisongo Rambipuji Tahun Pelajaran 2020/2021, dengan besar pengaruh 29,9% sedangkan 70,1% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. 3) Dari hasil uji statistik f diperoleh fhitung sebesar = 19,83 lebih besar dari ftabel sebesar = 3,10 dengan sig. sebesar 0,00 lebih kecil dari 0,05. Hal ini dapat diartikan bahwa variabel kecerdasan emosional dan keaktifan terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X di SMK Walisongo Rambipuji Tahun Pelajaran 2020/2021, dengan besar pengaruh 32,1% sedangkan 67,9% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Depositing User: | Mr Ifan Ali Mufti |
Date Deposited: | 20 Jul 2022 00:59 |
Last Modified: | 20 Jul 2022 00:59 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/10934 |
Actions (login required)
View Item |