Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Menggunakan Pendekatan Saintifik Pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung Untuk Peserta didik SMP Kelas IX di MTs Fathus Salafi Mangaran Situbondo

Nurul Mardhiyah, - (2021) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Menggunakan Pendekatan Saintifik Pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung Untuk Peserta didik SMP Kelas IX di MTs Fathus Salafi Mangaran Situbondo. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Tadris Matematika.

[img] Text
Nurul Mardhiyah_T20177075.pdf

Download (26MB)

Abstract

Nurul Mardhiyah, 2021: Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Menggunakan Pendekatan Saintifik Pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung Untuk Peserta didik SMP Kelas IX di MTs Fathus Salafi Mangaran Situbondo Kata kunci: Bangun Ruang Sisi Lengkung, Lembar Kerja Peserta Didik, Pendekatan Saintifik. Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) adalah bahan ajar cetak yang berupa lembaran-lembaran kertas yang berisikan materi, ringkasan, dan petunjukpetunjuk pelaksanaan tugas pembelajaran yang harus dikerjakan oleh peserta didik, dan mengacu pada kompetensi yang akan dicapai. LKPD ini dikembangkan menggunakan Pendekatan Saintifik pada materi Bangun Ruang Sisi Lengkung sesuai kurikulum 2013. Masalah yang diteliti adalah: 1) Bagaimana pengembangan LKPD menggunakan Pendekatan Saintifik pada materi Bangun Ruang Sisi Lengkung untuk peserta didik SMP kelas IX. 2) Bagaimana kevalidan LKPD menggunakan Pendekatan Saintifik pada materi Bangun Ruang Sisi Lengkung untuk peserta didik SMP kelas IX. 3) Bagaimana kepraktisan LKPD menggunakan Pendekatan Saintifik pada materi Bangun Ruang Sisi Lengkung untuk peserta didik SMP kelas IX. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan proses pengembangan LKPD menggunakan Pendekatan Saintifik pada materi Bangun Ruang Sisi Lengkung untuk peserta didik SMP kelas IX. 2) Mendeskripsikan hasil kevalidan LKPD menggunakan Pendekatan Saintifik pada materi Bangun Ruang Sisi Lengkung untuk peserta didik SMP kelas IX. 3) Mendeskripsikan hasil kepraktisan LKPD menggunakan Pendekatan Saintifik pada materi Bangun Ruang Sisi Lengkung untuk peserta didik SMP kelas IX. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan Research and Development (R&D), dengan menggunakan model ADDIE yaitu (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Hasil dari penelitian ini: 1) Proses pengembangan LKPD disesuaikan dengan model ADDIE yaitu: (a) Tahap analisis, terdiri dari analisis kurikulum, analisis karakterisitik peserta didik, analisis materi, dan rumusan tujuan pembelajaran. (b) Tahap desain, tahap untuk merancang LKPD yang akan dikembangkan. (c) Tahap pengembangan, tahap realisasi produk, validasi ahli, dan revisi produk. (d) Tahap implementasi, tahap uji coba terbatas untuk mendapatkan hasil kepraktisan produk. (e) Tahap evaluasi, untuk mengetahui kelayakan LKPD menggunakan uji kevalidan dan kepraktisan. 2) Hasil uji kevalidan diperoleh dari ahli materi 86%, ahli pendidikan 81%, dan ahli desain 97%. Dari analisis kevalidan diperoleh rata-rata kevalidan 88% dengan kriteria sangat valid, dan 3) Hasil uji kepraktisan oleh guru diperoleh 81,3%, hasil uji kepraktisan oleh peserta didik skala kecil sebanyak 6 peserta didik diperoleh 81,4%, hasil uji kepraktisan oleh peserta didik skala besar sebanyak 30 peserta didik diperoleh 85,6%. Dari analisis kepraktisan diperoleh rata-rata kepraktisan sebesar 82,8% dengan kriteria sangat praktis. Dengan demikian produk LKPD yang dikembangkan telah memenuhi kriteria kevalidan dan kepraktisan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: Mr Ifan Ali Mufti
Date Deposited: 20 Jul 2022 00:58
Last Modified: 20 Jul 2022 00:58
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/10937

Actions (login required)

View Item View Item