PENGARUH KEAKTIFAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X DI MAN 1 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Faradila, Diana (2020) PENGARUH KEAKTIFAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X DI MAN 1 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) JEMBER.

[img] Text
Diana Faradila_T20167033.pdf

Download (8MB)

Abstract

Keaktifan siswa dalam proses pembelajaran sangatlah penting, karena
pembelajaran tidak hanya memindahkan pengetahuan dari guru ke siswa tetapi
juga menciptakan situasi yang dapat membawa siswa aktif belajar untuk mencapai
perubahan tingkah laku. Dalam proses pembelajaran matematika sering kali
terlihat siswa kesulitan dalam memahami pelajaran yang diberikan oleh guru.
Siswa merasa ketakutan untuk mengerjakan soal-soal matematika yang diberikan
guru. Hal ini menjadi perhatian bagi peneliti dan tertarik untuk mengetahui
Pengaruh Keaktifan Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X di
MAN 1 Jember Tahun Pelajaran 2019/2020.
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan keaktifan belajar siswa
kelas X di MAN 1 Jember Tahun Pelajaran 2019/2020; 2) Mendeskripsikan hasil
belajar matematika siswa kelas X di MAN 1 Jember Tahun Pelajaran 2019/2020;
3) Mengetahui ada atau tidaknya pengaruh keaktifan belajar terhadap hasil belajar
matematika siswa kelas X di MAN 1 Jember Tahun Pelajaran 2019/2020.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitian expost
facto. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X MAN 1 Jember. Dalam
pengambilan sampel digunakan teknik cluster random sampling. Sampelnya yaitu
kelas X MIPA 1, X MIPA 2, dan X MIPA 3. Sedangkan metode pengumpulan
datanya menggunakan angket dan dokumentasi. Data yang diperoleh, diolah
dengan analisis regresi linier sederhana.
Dari hasil penelitian: 1) Berdasarkan pengisian angket keaktifan belajar
dapat diketahui bahwa keaktifan belajar siswa kelas X di MAN 1 Jember tahun
pelajaran 2019/2020 adalah bervariasi atau berbeda-beda. Persentase siswa
dengan kategori sangat tinggi sebesar 8,42%, persentase siswa dengan kategori
tinggi sebesar 55,79%, persentase siswa dengan kategori sedang sebesar 31,58%,
persentase siswa dengan kategori rendah sebesar 3,16%,dan persentase siswa
dengan kategori sangat rendah sebesar 1,05%. 2) Berdasarkan analisis hasil
belajar matematika dapat diketahui bahwa hasil belajar matematika siswa kelas X
di MAN 1 Jember tahun pelajaran 2019/2020 adalah bervariasi atau berbeda-beda.
Tidak ada siswa yang memiliki hasil belajar matematika dengan kategori sedang,
rendah, dan sangat rendah. Sedangkan persentase siswa dengan kategori sangat
tinggi sebesar 53,68% dan persentase siswa dengan kategori tinggi sebesar
46,32%. 3) Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa ada pengaruh yang
signifikan pada keaktifan belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X
di MAN 1 Jember tahun pelajaran 2019/2020. Adapun besar pengaruh keaktifan
belajar terhadap hasil belajar matematika sebesar 0,219 atau 21,9%. Sedangkan
78,1% dipengaruhi oleh faktor lain yang berhubungan dengan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0199 Other Mathematical Sciences > 019999 Mathematical Sciences not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Bhakti Priawan
Date Deposited: 20 Nov 2020 02:21
Last Modified: 20 Nov 2020 02:21
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/1094

Actions (login required)

View Item View Item