Pembelajaran Materi Unggah-Ungguh Basa Jawa Dalam Kemampuan Berbicara Sopan Santun Peserta Didik Kelas IV MIMA 35 Nurul Ulum Ambulu Tahun Pelajaran 2020/2021.

Diana Rahmayanti, - (2021) Pembelajaran Materi Unggah-Ungguh Basa Jawa Dalam Kemampuan Berbicara Sopan Santun Peserta Didik Kelas IV MIMA 35 Nurul Ulum Ambulu Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah.

[img] Text
Diana Rahmayanti_T20174086.pdf

Download (10MB)

Abstract

Diana Rahmayanti, 2021: Pembelajaran Materi Unggah-Ungguh Basa Jawa Dalam Kemampuan Berbicara Sopan Santun Peserta Didik Kelas IV MIMA 35 Nurul Ulum Ambulu Tahun Pelajaran 2020/2021. Kata Kunci: Unggah-Ungguh Basa Jawa, Kemampuan Berbicara Sopan Santun Bahasa Jawa adalah bahasa yang istimewa karena memiliki undha-usuk basa sehingga berbicara harus dengan unggah-ungguh atau tata krama. Dengan adanya unggah-ungguh atau tata krama dalam berbicara, maka akan menghasilkan kemampuan berbicara sopan santun. Fokus yang dikaji dalam penelitian ini ada 2 yaitu, 1) Bagaimana Implementasi Pembelajaran Materi Unggah-Ungguh Basa Jawa dalam Kemampuan Berbicara Sopan Santun Peserta Didik Kelas IV MIMA 35 Nurul Ulum Ambulu?, 2) Bagaimana Implikasi Pembelajaran Materi Unggah-Ungguh Basa Jawa dalam Kemampuan Berbicara Sopan Santun Peserta Didik Kelas IVMIMA 35 Nurul Ulum Ambulu?. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran materi unggah-ungguh basa jawadalam kemampuan berbicara sopan santun peserta didik kelas IV MIMA 35 Nurul Ulum Ambulu Tahun Pelajaran 2020/2021, dan untuk mendeskripsikan implikasi pembelajaran materi unggah-ungguh basa jawadalam kemampuan berbicara sopan santun peserta didik kelas IV MIMA 35 Nurul Ulum Ambulu Tahun Pelajaran 2020/2021. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif dan jenis penelitiannya yang digunakan adalah penelitian fenomenologi. Sumber data penentuan subyek penelitian ini menggunakan teknik Purposive. Hasil dari penelitian adalah 1) Perencanaan, saat pembelajaran di dalam kelas perencanaannya yaitu sebelumnya guru menyusun RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) terlebih dahulu yang merujuk kepada silabus. Pembiasaan di luar jam pembelajaran tidak ada perencanaan khusus hanya perlu memperbanyak kosa kata bahasa Jawa Krama. 2) Pelaksanaan, saat pembelajaran di dalam kelas pelaksanaaan disesuaikan dengan RPP yang meliputi 3 kegiatan, yaitu pembuka, inti, dan penutup. Pembiasaan diluar jam pembelajaran pelaksanaanya tergantung pada progam yang dimiliki MIMA 35 Nurul Ulum Ambulu. 3) Evaluasi, saat pembelajaran di dalam kelas menggunakan soal harian, PTS dan PAS. Pembiasaan di luar jam pembelajaran yaitu dengan penilaian pembelajaran di luar jam pembelajaran bahasa Jawa berupa hal-hal yang berkaitan dengan tutur kata dan sikap sopan santun yang dimiliki peserta didik. Selain itu adanya kendala masih ada peserta didik yang lupa berbahasa Jawa Krama ketika berkomunikasi dengan guru dan pandemi covid-19 yang mengakibatkan pelaksanaan program terhambat. 4) Implikasi Pembelajaran Materi UnggahUngguh Basa Jawa membawa dampak positif, dengan adanya program tersebut peserta didik menjadi terbiasa menggunakan bahasa Jawa Krama saat berkomunikasi dengan guru, hal tersebut juga membawa dampak terhadap sikap sopan dan santun peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: Mr Ifan Ali Mufti
Date Deposited: 20 Jul 2022 00:58
Last Modified: 20 Jul 2022 00:58
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/10945

Actions (login required)

View Item View Item