Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Dengan Pendekatan Saintifik Pada Materi Segiempat Untuk Siswa Kelas VII MTs Miftahul Ulum Rambipuji Jember.

Mardani Kumala Wati, - (2021) Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Dengan Pendekatan Saintifik Pada Materi Segiempat Untuk Siswa Kelas VII MTs Miftahul Ulum Rambipuji Jember. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Tadris Matematika.

[img] Text
Mardani Kumala Wati_T20177050.pdf

Download (14MB)

Abstract

Mardani Kumala Wati, 2021: Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Dengan Pendekatan Saintifik Pada Materi Segiempat Untuk Siswa Kelas VII MTs Miftahul Ulum Rambipuji Jember. Kata Kunci: Lembar Kerja Siswa (LKS), Pendekatan Saintifik , Segiempat Lembar Kerja Siswa (Student Work Sheet) adalah lembaran-lembaran yang berisi tugas yang harus dikerjakan oleh peserta didik. Lembar kerja biasanya berupa petunjuk atau langkah-langkah untuk menyelesaikan suatu tugas. Pemilihan materi pada pengembangan Lembar Kerja Siswa dengan model pendekatan saintifik peneliti memilih materi Segiempat dikarenakan pada materi ini mudah ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana proses pengembangan lembar kerja siswa dengan pendekatan saintifik pada materi segiempat untuk siswa kelas VII MTs Miftahul Ulum Rambipuji Jember?, 2) Bagaimana lembar kerja siswa dengan pendekatan saintifik yang valid pada materi segiempat untuk siswa kelas VII MTs Miftahul Ulum Rambipuji Jember?, 3) Bagaimana lembar kerja siswa dengan pendekatan saintik yang praktis pada materi segiempat siswa kelas VII MTs Miftahul Ulum Rambipuji Jember?. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengembangan, kevalidan dan kepraktisan lembar kerja siswa dengan pendekatan saintifik pada materi segiempat untuk siswa kelas VII MTs Miftahul Ulum Rambipuji Jember. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development). Penelitian dan pengembangan ini mengacu pada model pengembangan ADDIE. Subjek penelitian terdiri dari subjek uji validasi ahli yaitu tiga validator ahli dan subjek uji respon lapangan yaitu siswa kelas VII MTs Miftahul Ulum Rambipuji Jember. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Proses pengembangan lembar kerja siswa dengan pendekatan saintifik dibagi menjadi lima tahapan yaitu: (1) tahap analysis, tahap ini terdiri dari analisis kebutuhan dan analisis karakteristik siswa. (2) tahap desaign, tahap ini merupakan perancangan desain lembar kerja siswa. (3) tahap development, tahap ini dilakukan penilaian terhadap lembar kerja siswa oleh para validasi ahli. (4) tahap implementation, tahap ini dilakukan uji coba respon siswa dalam skala kecil sebanyak enam siswa dan skala besar sebanyak 30 siswa. (5) tahap evaluation, tahap ini dilakukan pengisian instrumen angket respon guru dan angket respon peserta didik. 2) Hasil validasi ahli materi, desain dan bahasa diperoleh kriteria sangat valid dengan presentase ahli materi 95,00%, ahli desain 78,57% dan ahli bahasa 81,81%. Untuk respon siswa skala kecil dan besar diperoleh kriteria sangat praktis dengan presentase skor untuk skala kecil sebesar 88,84% dan skala besar sebesar 92,47%. Dengan demikian, lembar kerja siswa dengan pendekatan saintifik sangat valid dan sangat praktis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: Mr Ifan Ali Mufti
Date Deposited: 20 Jul 2022 00:58
Last Modified: 20 Jul 2022 00:58
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/10946

Actions (login required)

View Item View Item