IMPLEMENTASI PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DALAM PENGURANGAN RISIKO BENCANA DI DESA SUMBERWULUH KECAMATAN CANDIPURO KABUPATEN LUMAJANG

FAJRI, M (2022) IMPLEMENTASI PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DALAM PENGURANGAN RISIKO BENCANA DI DESA SUMBERWULUH KECAMATAN CANDIPURO KABUPATEN LUMAJANG. Undergraduate thesis, UIN KH ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
WATERMAK FAJRI.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
M. Fajri. 2022: Implementasi Pemberdayaan Masyarakat dalam Pengurangan Risiko Bencana di Desa Sumberwuluh Kecamatan Candipuro Kabupaten Lumajang
Desa Sumberwuluh merupakan salah satu desa yang sangat rentan dengan risiko ancaman bencana karna lokasinya yang berada di kaki gunung Semeru. Ditemukan kekurang efektifan dalam peroses penanggulangan bencana di Indonesia sepeti muculnya limbah bantuan dan kurang efisiennya proses evakuasi akibat kurangnya perlibatan masyarakat dalam menentukan kebijakan kebencanaan. Selain itu kurangnya kesadaran masyarakat desa Sumberwuluh akan pentingnya pengurangan risiko bencana menjadi permasalahan penting yang harus segera diatasi. Sehingga perlu program pemberdayaan masyarakat yang dimplementasikan sebagai sarana penyadaran potensi masyarakat.
Penelitian ini difokuskan pada Bagaimana implementasi pemberdayaan masyarakat dalam pengurangan Risiko bencana di Desa Sumberwuluh; serta Apa saja faktor yang mempengaruhi jalannya pemberdayaan masyarakat dalam pengurangan Risiko bencana di Desa Sumberwuluh. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui proses implementasi dan faktor yang mempengaruhi proses pemberdayaan dalam pengurangan risiko bencana. Adapun manfaat penelitian ini bisa dijadikan rujukan atau refrensi pengetahuan bagi kurikulum perguruan tinggi yang memiliki relevansi keilmuan, serta sebagai rujukan wawasan dan kebijkan kebencanaan bagi masyarakat maupun pemerintah.
Untuk mengidentifikasi penelitian ini secara mendalam peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Serta untuk membuktikan kebsahan datanya menggunakan metode triangulasi teknik dan triangulasi sumber.
Hasil dari penelitian ini yaitu Implementasi pemberdayaan masyarakat yang dilakukan di desa Sumberwuluh terdiri dari elemen program; elemen sasaran program; dan elemen pelaksana. Strategi yang digunakan yaitu Pendekatan kesejahteraan, pendekatan, dan pendekatan pemberdayaan. Faktor pendukung program ini adalah sinergitas elemen pentahelix dalam kebencanaan dan peran fasilitator yang cukup optimal. Sementara faktor penghambatnya antara lain kurangnya monitoring dan evaluasi setelah kegiatan, kurangnya kesadaran masyarakat, dan kebijakan yang masih belum berpusat pada masyarakat.
Kata Kunci: Pemberdayaan masyarakat, Pengurangan Risiko Bencana, Destana

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1607 Social Work > 160703 Social Program Evaluation
Depositing User: Mr M FAJRI
Date Deposited: 21 Jul 2022 01:45
Last Modified: 21 Jul 2022 01:45
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/10953

Actions (login required)

View Item View Item