Peran Penyuluh Agama dalam Membentuk Keluarga Sakinah di Kantor Urusan Agama Kecamatan Randuagung Kabupaten Lumajang

Meirawati, Indah Putri (2022) Peran Penyuluh Agama dalam Membentuk Keluarga Sakinah di Kantor Urusan Agama Kecamatan Randuagung Kabupaten Lumajang. Undergraduate thesis, UIN KHAS Jember.

[img] Text
INDAH PUTRI MEIRAWATI_D20173037.pdf

Download (1MB)

Abstract

Keluarga sejahtera merupakan keluarga yang didambakan oleh setiap pasangan suami isteri. Tak jarang pasangan suami isteri kemudian gagal dalam membentuk apa yang telah diinginkan bersama yakni adanya perceraian antara pasangan suami istri seperti kasus yang terjadi di Kantor urusan agama Kecamatan Randuagung yang terjadi dalam satu tahun terakhir, tercatat ada 445 kasus perceraian dengan berbagai faktor yang menjadi alasan atas perceraian. Keluarga sakinah adalah harapan bagi semua pasangan suami isteri yang memutuskan untuk menikah.Karena dengan keluarga sakinah kehidupan sebuah keluarga akan terasa damai dan sejahtera, ditambah lagi dengan saling memahami antar individu dalam keluarga, keluarga itu dijamin akan merasakan betapa hangatnya sebuah keluarga.
Adapun fokus yang peneliti ambil dalam penelitian ini adalah : (1) Bagaimana peran penyuluh agama dalam membentuk keluarga sakinah di Kantor Urusan Agama kecamatan Randuagung?(2) Bagaimana Metode penyuluh agama dalam Membentuk keluarga sakinah di Kantor Urusan Agama kecamatan Randuagung?. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan peran penyuluh agama dalam membentuk keluarga sakinah di Kantor Urusan Agama kecamatan Randuagung. (2) Mendeskripsikan metode penyuluh agama dalam Membentuk keluarga sakinah di Kantor Urusan Agama kecamatan Randuagung.
Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Adapun teknik pengumpuan data yang digunakan yaitu teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk teknis analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan.
Hasil penelitian secara ringkas menunjukkan bahwa (1) Peran seorang penyuluh agama di Desa Randuagung sangat penting sehingga mampu membentuk keluarga sakinah di Desa Randuagung. (2) Metode yang dilakukan yakni dengan menggunakan metode ceramah, metode Tanya jawab, metode silaturahmi.
Kata Kunci: Penyuluh Agama, KUA randuagung, keluarga sakinah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1607 Social Work > 160702 Counselling, Welfare and Community Services
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Indah Putri Meirawati
Date Deposited: 21 Jul 2022 01:10
Last Modified: 21 Jul 2022 01:10
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/10958

Actions (login required)

View Item View Item