Manajemen Pondok Pesantren Darun Najah Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Melalui BLK Komunitas Lumajang

Kultsum, Ummi (2022) Manajemen Pondok Pesantren Darun Najah Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Melalui BLK Komunitas Lumajang. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
UMMI.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK
Ummi Kultsum, 2022: Manajemen Pondok Pesantren Darun Najah dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Melalui BLK Komunitas Lumajang.
Kata Kunci: Manajemen, Pondok Pesantren, Kesejahteraan Masyarakat, BLK Komunitas.
Kesejahteraan dalam konteks masyarakat adalah kemampuan individu dengan individu yang lainnya untuk membangun keberdayaan masyarakat dengan memperkuat unsur-unsur agar dapat meningkatkan harkat martabat lapisan masyarakat yang berada di kondisi tidak mampu dengan mengandalkan kekuatannya sendiri hingga dapat keluar dari perangkap kemiskinan, pengangguran dan keterbelakangan atau proses memampukan dan memandirikan masyarakat. Upaya pemerintah menindak lanjuti itu yaitu adanya Balai Latihan Kerja Komunitas Lumajang dengan memberikan berbagai bantuan sebagai salah satu wujud kesejahteraan masyarakat. Adanya BLK Komunitas di Pondok Pesantren Darun Najah untuk memberi tambahan peningkatan kompetensi serta bekal dalam dunia pekerjaan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskripstif kualitatif, dimana peneliti dapat menceritakan dan memaparkan fenomena yang ada di lapangan secara luas dan objektif. Dalam menentukan sumber data menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis data deskriptif kualitatif yang meliputi: kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Untuk keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi sumber dan teknik.
Fokus masalah penelitian ini yaitu 1) bagaimana manajemen pondok pesantren darun najah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui BLK Komnitas Lumajang; dan 2) apa faktor pendukung dan penghambat pondok pesantren Darun Najah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat dalam mengelola BLK Komunitas Lumajang.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan manajemen pondokpesantren darun najah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui BLK Komnitas serta faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat dalam mengelola BLK Komunitas Lumajang.
Kesimpulan penelitian ini, bahwasannya 1) manajemen pondok pesantren dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui BLK Komunitas Lumajang yaitu dengan adanya perencanaan diantaranya menetapkan tujuan, penentuan program pelatihan/kejuruan, kepersetaan atau sasaran peserta, menyusun jadwal pelatihan; Menyusun (organizing) diantaranya perincian pekerjaan, pembagian kerja, pemisahan pekerjaan, koordinasi pekerjaan, monitoring; Pengimplementasian (Direction) yakni pelaksanaan sesuai dengan pembagian tugas; Pengawasan pembina, pengasuh, dan struktur BLK Komunitas Lumajang serta melakukan evaluasi kepesertaan dan program/kejurusan. 2) Adapun faktor pendukungnya yaitu adanya subsidi dari pemerintah, sarana dan prasarana yang memadai, metode pelatihan yang menarik. Sedangkan faktor pengahambatnya yaitu tidak tersedianya dalam perawatan peralatan, masyarakat memiliki keterbatasan waktu, kurangnya jenis kejuruan, dan kurang update nya peralatan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150304 Entrepreneurship
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: Miss. Ummi Kultsum Umik
Date Deposited: 21 Jul 2022 02:45
Last Modified: 21 Jul 2022 02:45
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/10973

Actions (login required)

View Item View Item