IMPLEMENTASI INOVASI METODE PADA PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK BAGI SISWA KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH DARUN NAJAH LUMAJANG

Moh.Miftahul ulum, Ulum IMPLEMENTASI INOVASI METODE PADA PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK BAGI SISWA KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH DARUN NAJAH LUMAJANG. IMPLEMENTASI INOVASI METODE PADA PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK BAGI SISWA KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH DARUN NAJAH LUMAJANG. (Submitted)

[img] Text
MOH. MIFTAHUL ULUM_ T20171180.pdf

Download (6MB)

Abstract

Moh. Miftahul Ulum, 2022 : “Implementasi Inovasi Metode Pada Pembelajaran Akidah Akhlak Bagi Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Darun Najah Lumajang.”
Kata kunci: implementasi inovasi metode, pembelajaran akidah akhlak.
Madrasah Tsanawiyah Darun Najah Lumajang adalah lembaga swasta yang berbasis pondok pesantren yang menerapkan inovasi pembelajarannya dengan berbagai macam metode. Salah satunya adalah metode diskusi dan ceramah. Metode diskusi sendiri digunakan oleh beberapa guru yang ada di sana dikarenakan menyesuaikan dengan kebutuhan siswa yang biasanya malas dalam pembelajaran yang biasa-biasa saja dan akhirnya dibuat pembelajaran dengan pembagian kelompok belajar agar lebih bervariasi. Pembelajaran menggunakan metode ceramah agar guru bisa memberikan pembelajaran sekaligus tanya jawab secara langsung kepada siswa.
Adapun fokus penelitian dalam skripsi ini adalah sebagai berikut: (1) Bagaimana Implementasi inovasi metode diskusi pada mata pelajaran akidah akhlak kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Darun Najah Lumajang? (2) Bagaimana implementasi inovasi metode ceramah pada mata pelajaran akidah akhlak kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Darun Najah Lumajang?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi inovasi metode diskusi dan ceramah pada mata pelajaran akidah akhlak kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Darun Najah Lumajang.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kulitatif dan jenis penelitian adalah field research (penelitian lapangan). teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi langsung, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis sebelum di lapangan, kemudian menggunakan analisis data dari milles huberman berikut langkah-langkah dari milles and huberman diantaranya reduksi data, penyajian data, verifikasi atau penarikan kesimpulan. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan teknik.
Hasil penelitian ini: (1) Implementasi inovasi metode diskusi pada pembelajaran akidah akhlak dilaksanakan, dapat diketahui dengan adanya metode diskusi guru dapat memberi pemahaman siswa bahwa masalah dapat dipecahkan dengan berbagai jalan. Serta dapat membuat siswa mengerti dengan berdiskusi mereka saling mengemukakan pendapat secara konstruktif sehingga dapat diperoleh keputusan yang lebih baik. Inovasi metode diskusi juga dapat membiasakan siswa untuk mendengarkan pendapat orang lain, sekalipun berbeda dengan pendapatnya sendiri dan dapat membiasakan siswa bersikap toleran hal tersebut dapat menjadikan pembiasaan bagi siswa untuk berpikir lebih kritis dan mau mengungkapkan ide-idenya. (2) Implementasi inovasi metode ceramah pada Pembelajaran akidah akhlak dilaksanakan untuk memantau hasil pembelajaran dari para siswanya secara langsung , inovasi metode ceramah sendiri memiliki nilai praktis dari sisi persiapan serta efisien dari sisi waktu dengan adanya variasi guyonan dan candaan dalam pembelajarannya, guru juga dapat dengan mudah menyampaikan materi dan melakukan tanya jawab untuk mengetahui sejauh mana pemahaman siswa secara langsung

Item Type: Article
Depositing User: Mr Moh. Miftahul Ulum Miftahul ulum
Date Deposited: 21 Jul 2022 03:53
Last Modified: 21 Jul 2022 03:53
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/10984

Actions (login required)

View Item View Item