PERANAN KOMUNITAS RUMAH BACA IKAN MUNCAR DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA ANAK MELALUI GERAKAN LITERASI DI KECAMATAN MUNCAR TAHUN 2022

Nur Suyanti, Aida (2022) PERANAN KOMUNITAS RUMAH BACA IKAN MUNCAR DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA ANAK MELALUI GERAKAN LITERASI DI KECAMATAN MUNCAR TAHUN 2022. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
FIX.....pdf

Download (3MB)

Abstract

Kata Kunci : Komunitas Rumah Baca, Minat Baca, Literasi
Peran Komunitas Rumah Baca Ikan Muncar dalam meningkatkan minat baca anak melalui gerakan literasi Kecamatan Muncar. Berawal dari kekhawatiran beberapa remaja yang tinggal di kawasan Muncar, ketika melihat anak-anak di lingkungan tersebut jarang membaca buku selain buku sekolah. dari kekawatiran tersebut muncul ide untuk membuat sebuah komunitas yang bernama rumah baca ikan Muncar. Kemudian berinisiatif untuk mengumpulkan buku bacaan, dan disajikan kepada anak-anak, bermaksud untuk mendekatkan mereka dengan jendela ilmu.
Fokus penelitian ini adalah : 1) Bagaimana peran komunitas rumah baca ikan Muncar dalam meningkatkan minat baca anak melalui gerakan Literasi di Kecamatan Muncar Tahun 2022? 2) Bagaimana desain program komunitas rumah baca ikan Muncar dalam meningkatkan minat baca anak melalui gerakan Literasi di Kecamatan Muncar Tahun 2022?
Tujuan dari penelitian ini, yaitu 1) untuk menemukan peranan komunitas rumah baca ikan Muncar dalam meningkatkan minat baca anak melalui gerakan literasi di Kecamatan Muncar tahun 2022. 2) untuk menemukan design program komunitas rumah baca ikan Muncar dalam meningkatkan minat baca anak melalui gerakan literasi di Kecamatan Muncar tahun 2022.
Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Dengan jenis penelitian file research. Pemilihan informan menggunakan teknik purposive, Teknik pengumpulan data menggunakan observasi partisipan, wawancara semi struktur dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model analisis Miles and Huberman yang dilakukan melalui tiga tahapan yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan 1) Peran komunitas rumah baca ikan Muncar dalam meningkatkan minat baca anak melalui gerakan Literasi di Kecamatan Muncar Tahun 2022 yaitu tempat menyediakan sumber informasi bahan bacaan fiksi dan nonfiksi, untuk mengembangkan minat baca anak melalui ketersediaan bahan bacaan, sebagai mentor yang memberikan konsultasi langsung kepada anak-anak, sebagai alat ukur atas kemajuan anak-anak yang dilihat dari intensitas kehadiran dan catatan dari pembimbing. 2) Desain program komunitas rumah baca ikan Muncar dalam meningkatkan minat baca anak melalui gerakan Literasi di Kecamatan Muncar Tahun 2022, yaitu melalui tiga tahapan, Pertama, tahap Perencanaan yang mencakup tiga aspek, Penentuan tujuan, sasaran yang dituju oleh program perpustakaan keliling, dan tutor atau petugas yang mendampingi anak-anak saat kegiatan berlangsung, Kedua, tahap Pelaksanaan mencakup Kegiatan literasi (membaca, ice breaking, lomba cerdas cermat atau tanya jawab), Ketiga,tahap evaluasi atau hasil yaitu, semangat membaca meningkat, jumlah buku yang di baca semakin banyak, jumlah orang yang berkunjung semakin banyak

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: AIDA NUR SUYANTI
Date Deposited: 20 Jul 2022 02:40
Last Modified: 20 Jul 2022 02:40
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/10986

Actions (login required)

View Item View Item