Implementasi pembiasaan takror dalam meningkatkan hafalan al-qur'an di Pondok Pesantren Tahfidz Al-qur'an Miftahul Ulum Serut Panti Jember

Kurniwati, Eli (2022) Implementasi pembiasaan takror dalam meningkatkan hafalan al-qur'an di Pondok Pesantren Tahfidz Al-qur'an Miftahul Ulum Serut Panti Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
ELI KURWMR.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Eli Kurniawati, 2022: Implementasi Pembiasaan Takror Dalam Meningkatkan Hafalan Al-Qur’an di Pondok Pesantren Tahfidz Al-Qur’an Miftahul Ulum Serut Panti Jember.
Kata Kunci: Pembiasaan takror, menghafal Al-Qur’an
Menghafal Al-Qur’an merupakan suatu perbuatan yang sangat mulia dan terpuji. Dalam menghafal Al-Qur’an sangat diperlukan suatu cara khusus untuk memudahkan dalam proses menghafalnya. Diantara metode-metode itu ialah pembiasaan takror. Pembiasaan takror yaitu mengulang-ulang hafalan baru yang belum pernah dihafal maupun hafalan yang sudah pernah dihafal dan harus adanya pembiasaan. Hal ini digunakan untuk menjaga hafalan agar tetap melekat dalam pikiran. Seperti yang sudah diimplementasikan oleh Pondok Pesantren Tahfidz Al-Qur’an Miftahul Ulum Serut Panti Jember.
Adapun fokus yang peneliti ambil dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah implementasi pembiasaan takror dalam meningkatkan hafalan Al-Qur’an di Pondok Pesantren Tahfidz Al-Qur’an Miftahul Ulum Serut Panti Jember?, (2) Bagaimanakah evaluasi pembiasaan takror dalam meningkatkan hafalan Al-Qur’an di Pondok Pesantren Tahfidz Al-Qur’an Miftahul Ulum Serut Panti Jember?.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan tiga metode yakni: Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan analisis data kualitatif dengan model interaktif Miles Hubermen yang meliputi: pengumpulan data (data collection), kondensasi data (data condensasion), penyajian data (data display), penarikan kesimpulan (conclusion drawing). Dan yang terakhir ialah uji keabsahan data yang menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Adapun hasil penelitian ini adalah: 1) Implementasi Pembiasaan Takror dalam Meningkatkan Hafalan Al-Qur’an di Pondok Pesantren Tahfidz Al-Qur’an Miftahul Ulum Serut Panti Jember yaitu menghafal tahapnya satu kaca setiap harinya dan diulang 25-30 kali bahkan sampai 40 kali. Dalam sehari ada 6 kali pertemuan. Menghafal menggunakan Al-Qur’an khusus ialah Al-Qur’an pojok yang 18 garis. 2) Evaluasi Pembiasaan Takror dalam Meningkatkan Hafalan Al-Qur’an di Pondok Pesantren Tahfidz Al-Qur’an Miftahul Ulum Serut Panti Jember yaitu menggunakan penilaian mingguan yang dilaksanakan pada hari minggu. Dengan pembiasaan takror ini, hafalan santri melekat tidak mudah lupa/ hilang, hanya saja dengan pembiasaan takror membutuhkan waktu yang cukup lama.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130104 Kura Kaupapa Maori (Maori Primary Education)
Depositing User: mrs Eli Kurniawati
Date Deposited: 21 Jul 2022 02:50
Last Modified: 21 Jul 2022 02:50
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/10996

Actions (login required)

View Item View Item