IMPLEMENTASI PERMAINAN TRENDING QUESTION DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS XI PROGRAM KEAGAMAAN 1 MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2021-2022

Bahtiar, Cindy (2022) IMPLEMENTASI PERMAINAN TRENDING QUESTION DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS XI PROGRAM KEAGAMAAN 1 MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2021-2022. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
T20181240_Cindy Bahtiar.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pembelajaran SKI yang berbasis literasi membuat pembelajaran ini memiliki peluang besar adanya kejenuhan pada siswa saat pembelajaran berlangsung. Oleh karena itu inovasi dalam pembelajaran sangat disarankan, dengan tujuan meningkatkan motivasi belajar siswa untuk menghalau kejenuhan. Seperti contohnya permainan trending question pada pembelajaran SKI di kelas XI Program Keagamaan 1 MAN 1 Jember. Untuk meningkatkan motivasi belajar siswa yang merupakan siswa jurusan keagamaan, salah satu guru SKI yang bernama bapak Hasyim menghadirkan permainan ini yang disambut baik oleh siswa bahkan kepala sekolah. Berbeda dengan madrasah kebanyakan, MAN 1 Jember memiliki program unggulan yang menarik yakni Bina Insan Cendekia dan Program Keagamaan.
Fokus penelitian adalah: 1) Bagaimana perencanaan permainan trending question dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran SKI di kelas XI PK 1 MAN 1 Jember tahun pelajaran 2021/2022?; 2) Bagaimana implementasi permainan trending question dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran SKI di kelas XI PK 1 MAN 1 Jember tahun pelajaran 2021/2022?; 3) Bagaimana evaluasi permainan trending question dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran SKI di kelas XI PK 1 MAN 1 Jember tahun pelajaran 2021/2022? Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan terkait implementasi permainan trending question dalam meningkatkan motivasi belajar siswa mata pelajaran sejarah kebudayaan islam kelas XI PK 1 MAN 1 Jember tahun pelajaran 2021/2022.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi partisipan, wawancara terstruktur, dan dokumentasi. Dengan teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif interaktif Miles Huberman dan Joni Saldana, yakni menganalisis dengan melakukan kondensasi data terlebih dahulu yang dilanjut penyajian data kemudian penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini adalah: (1) Perencanaan permainan trending question dimulai dari salah satu sintaks pada buku everyone is a teacher here yang kemudian dimodifikasi dan dikemas dalam bentuk permainan dengan tetap mengacu pada pedoman perencanaan pembelajaran.(2) Implementasi permainan trending question membutuhkan alat dan bahan yang sederhana serta langkah permainan yang ringkas namun memiliki esensi yang mendukung pembelajaran dan 3) Evaluasi permainan trending question menggunakan pengukuran juga penilaian.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Cindy Bahtiar
Date Deposited: 21 Jul 2022 03:37
Last Modified: 21 Jul 2022 03:37
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/11015

Actions (login required)

View Item View Item