Pengelolaan Dan Pengembangan Wakaf Produktif Di Yayasan Pondok Pesantren Ihya'us Sunnah Desa Tugusari Kecamatan Bangsalsari Kabupaten Jember

M. Sabet Ari, Purnomo (2022) Pengelolaan Dan Pengembangan Wakaf Produktif Di Yayasan Pondok Pesantren Ihya'us Sunnah Desa Tugusari Kecamatan Bangsalsari Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SABET WATERMARK.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
M. Sabet Ari Purnomo, Dr. Nikmatul Masruroh, S.H.I, M.E.I, 2021: Pengelolaan dan Pengembangan Wakaf Produktif di Yayasan Pondok Pesantren Ihyaus Sunnah Desa Tugusari Kecamatan Bangsalsari Kabupaten Jember.

Praktik perwakafan dalam Pengelolaan dan pengembangan wakaf produktif di Pondok Pesantren Ihyaus Sunnah Desa Tugusari Kecamatan Bangsalsari Kabupaten Jember akan pentingnya peranan tanah wakaf yang dimiliki untuk dikembangkan menjadi wakaf yang lebih produktif. Pengasuh dan pengurus Yayasan Pondok Pesantren Ihyaus Sunnah Desa Tugusari Kecamatan Bangsalsari Kabupaten Jember tersebut berinisiatif untuk mengembangkan aset wakaf, yaitu ditandai dengan berdirinya pabrik kopi BIKLA (Barokah Ibrahimy Kopi Argopuro), beberapa usaha lainnya yang dalam naungan Badan Usaha Milik Al-Hasani dan Kopontren.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah : 1) Bagaimana pengelolaan wakaf produktif yayasan pondok pesantren Ihyaus Sunnah Desa Tugusari Kecamatan Bangsalsari Kabupaten Jember? 2) Bagaimana pengembangan wakaf produktif yayasan pondok pesantren Ihyaus Sunnah Desa Tugusari Kecamatan Bangsalsari Kabupaten Jember?
Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah 1) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan pengelolaan wakaf produktif yayasan pondok pesantren Ihyaus Sunnah Desa Tugusari Kecamatan Bangsalsari Kabupaten Jember. 2) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan pengembangan wakaf produktif yayasan pondok pesantren Ihyaus Sunnah Desa Tugusari Kecamatan Bangsalsari Kabupaten Jember.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, Sedangkan jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan (filed research). Lokasi penelitian di Yayasan Pondok Pesantren Ihyaus Sunnah Desa Tugusari Kecamatan Bangsalsari Kabupaten Jember. Penentuan informan menggunakan: teknik purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan: observasi partisipan, wawancara tak berstruktur, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan: kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Penelitian ini menghasilkan: a. Pengelolaan wakaf produktif di Yayasan Pondok Pesantren Ihyaus Sunnah Desa Tugusari Kecamatan Bangsalsari Kabupaten Jember memiliki poin-poin, yaitu 1) perencanaan, dengan membuat perencanaan berarti pengelolaan pabrik kopi BIKLA yang memang didukung oleh sumber daya alam, dan Kopontren yang sangat dibutuhkan oleh santri dan masyarakat. 2) pengorganisasian, sebagai suatu keseluruhan termasuk di dalamnya fasilitas, material, dan orang dengan perilakunya yang diatur menurut posisi berdasarkan tugas pekerjaan. 3) pelaksanaan, dalam pelaksanaan di Pondok Pesantren ini semua orang memiliki tugas yang harus dikerjakan sesuai tupoksi masing-masing dengan saling bekerja sama antara satu anggota dengan anggota lain, 4) pengawasan terhadap kinerja pengurus dan menjadi salah satu faktor yang sangat penting dalam rangka menilai keberhasilan kopontren dan pabrik Kopi BIKLA. b. Pengembangan wakaf produktif di Yayasan Pondok Pesantren Ihyaus Sunnah Desa Tugusari Kecamatan Bangsalsari Kabupaten Jember berbentuk kerja sama secara mudharabah dengan modal dari BAZNAS dengan pemasaran bekerja sama dengan perusahaan lain. Selain modal usaha biji kopi petani dari BAZNAS, bentuk kemitraan lain juga dilakukan dengan reseller-reseller yang tersebar di seluruh Indonesia baik offline maupun online, dan kemitraan dengan Bank Jatim Syariah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1508 Other1503 Commerce, Management, Tourism and Services > 159999 Commerce, Management, Tourism and Services not elsewhere classified
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1508 Other1503 Commerce, Management, Tourism and Services
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: Master. M.Sabet Ari Purnomo
Date Deposited: 20 Jul 2022 02:16
Last Modified: 20 Jul 2022 02:16
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/11018

Actions (login required)

View Item View Item