Integrasi Nilai-nilai Karakter dalam Pembelajaran Matematika Kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Jember

Fitriani, Laela (2022) Integrasi Nilai-nilai Karakter dalam Pembelajaran Matematika Kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Jember. Masters thesis, UIN KHAS JEMBER.

[img] Text
Laela Fitriani 0849418016.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK
 
Laela Fitriani, 2022. “Integrasi Nilai-Nilai Karakter dalam Pembelajaran Matematika Kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Jember”. Tesis, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Program Pascasarjana UIN KHAS Jember,   Pembimbing: I (Dr. Abd. Muhith, S.Ag, M.Pd.I.), Pembimbing II (Dr. Hj. Umi Farihah, M.M., M.Pd.).
Kata Kunci: Integrasi, Nilai-Nilai Karakter, Pembelajaran Matematika
 
Karakter merupakan fondasi utama dalam membangun pendidikan yang berkualitas. Dalam mewujudkan tujuan pendidikan nasional tersebut institusi sekolah memiliki peranan yang tidak hanya sebatas mentransfer ilmu pengetahuan saja tetapi lebih kepada pembiasaan karakter yang baik dan pembinaan peserta didik sebagai generasi penerus keberlangsungan kehidupan bangsa. Agar dapat memenuhi pendidikan yang berkarakter maka diperlukan integrasi nilai-nilai karakter ke dalam setiap pembelajaran. Melalui integrasi tersebut, diharapkan guru dan peserta didik dapat melaksanakan proses pembelajaran agar sesuai dengan tujuan pendidikan itu sendiri.

Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana perencanaan integrasi nilai-nilai karakter dalam pembelajaran Matematika kelas IV di MIN 3 Jember?, (2) Bagaimana pelaksanaan integrasi nilai-nilai karakter dalam pembelajaran Matematika kelas IV di MIN 3 Jember? dan (3) Bagaimana evaluasi integrasi nilai-nilai karakter dalam pembelajaran Matematika kelas IV di MIN 3 Jember?
Tujuan penelitian ini adalah menganalisis perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi integrasi nilai-nilai karakter dalam pembelajaran Matematika kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Jember.

Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data dengan observasi partisipasi pasif, wawancara mendalam, dan studi dokumen. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dengan model Miles and Huberman & Johnny Saldana dengan langkah kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan member check.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi nilai-nilai karakter dalam pembelajaran Matematika pada 1) Perencanaan diterapkan dengan menyusun silabus dan RPP dengan memilih nilai karakter yang disesuaikan materi, metode, strategi, media, dan situasi pembelajaran, 2) Pelaksanaan pembelajaran dilaksanakan melalui tiga tahapan, yaitu kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup. Adapun nilai-nilai karakter yang diintegrasikan pada proses pembelajaran matematika adalah nilai kejujuran, religius, disiplin, teliti, kerja keras, kreatif, mandiri, rasa ingin tahu, dan tanggung jawab, 3) Evaluasi pembelajaran menggunakan tiga penilaian, yakni penilaian sikap, penilaian pengetahuan serta penilaian keterampilan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: Mrs Laela Fitriani
Date Deposited: 03 Aug 2022 08:52
Last Modified: 03 Aug 2022 08:52
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/11055

Actions (login required)

View Item View Item