Bimbingan Konseling Dalam Mengatasi Akhlak Buruk Pada Santri Di Pondok Pesantren Al-Majidi Selodakon Tanggul Jember

Siti, Nurmaila (2022) Bimbingan Konseling Dalam Mengatasi Akhlak Buruk Pada Santri Di Pondok Pesantren Al-Majidi Selodakon Tanggul Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI SITI NURMAILA_wm.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Siti Nurmaila, 2021: Bimbingan Konseling Dalam Mengatasi Akhlak Buruk Pada Santri Di Pondok Pesantren Al-Majidi Selodakon-Tanggul-Jember.
Akhlak merupakan segala sesuatu yang digunakan untuk menilai atau mengevaluasi terhadap ketinggian akal dan nuraininya seorang hamba. Akhlak yang buruk atau tercela merupakan perbuatan yang sangat tidak di rihoi Allah swt. Begitupun sebaliknya jika seseorangs perbuatan baik ia akan mendapat keridhoan Allah swt. Maka dari itu tujuan Rasullulah di utus dimuka bumi yaitu untuk menyempurnakan akhlak. Dalam Islam akhlak yang baik merupakan wujud konkret dengan keimanan dan keislaman terhadap didalam diri seseorang. Usaha dan upaya dalam mengatasi akhlak buruk atau perilaku buruk itu merupakan tanggung jawab kita semua, dengan melakukan berbagai macam cara atau pendekatan itu akan merubah diri seseorang lebih baik sehingga untuk mewujudkan generasi yang berakhlatul karimah terwujud yang mana sesuai ajaran agama islam.
Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Apa saja Akhlak Buruk yang ada pada santri di pondok pesantren Al-Majidi? 2) Bagaimana metode bimbingan konseling pada santri di Pondok Pesantren Al-Majidi? 3) Apa manfaat Bimbingan Konseling dalam mengatasi Akhlak Buruk pada santri di Pondok Pesantren Al-Majidi ?
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif, dengan jenis action (tindakan) bimbingan konseling yang mana dilakukan dengan metode konseling kelompok, subjek dalam penelitian ini adalah santri Al-Majidi Selodakon-Tanggul-Jember yang berjumlah enam orang dari 43 santri. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik behavioral dengan layanan konseling kelompok.
Hasil dari penelitian ini memperoleh kesimpulan 1) Akhlak Buruk yang ada pada santri diantaranya:a) Mudah berkata kotor, sebuah perasaan yang dipengaruhi oleh subjek yang kurang baik dalam bertingkah atau berucap sehingga itu menimbulkan segala sesuatu yang negatif. b) Egois, memiliki sifat yang selalu mengutamakan dirinya sendiri tanpa mementingkan orang lain atau sekitarnya. c) Iri, memiliki sifat iri kepada teman ia tidak senang apabila temannya memiliki prestasi yang lebih unggul darinya. 2) Metode Bimbingan Konseling yang diberikan adalah metode Konseling Kelompok guna memberikan perubahan pada setiap anggota kelompok untuk mencapai keberhasilan dalam hidup. 3) Manfaat Bimbingan Konseling adalah memberikan perubahan yang lebih baik terhadap pribadi seseorang (anggota kelompok), mengembangkan potensi yang dimilikinya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1604 Human Geography > 160403 Social and Cultural Geography
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2004 Linguistics > 200402 Computational Linguistics
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Mahasiswa Siti Nurmaila
Date Deposited: 21 Jul 2022 07:03
Last Modified: 21 Jul 2022 07:03
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/11056

Actions (login required)

View Item View Item