Strategi Pemberitaan Radar Jember Dalam Menghadapi Digitalisasi Informasi

Wildatuz, Zakiah (2022) Strategi Pemberitaan Radar Jember Dalam Menghadapi Digitalisasi Informasi. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri KH. Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Wildatuzzakiah_D20171058.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kata kunci : Radar Jember, strategi pemberitaan, digitalisasi informasi.
Radar Jember merupakan media massa lokal yang berhasil bertahan di tengah digitalisasi informasi dan persaingan ketat antar media massa lokal lainnya. Mengingat nasib berita cetak berada diujung tombak. Sehingga mau tak mau media massa berevolusi agar tetap hidup. Hal ini patut untuk diteliti. Karena untuk mempertahankan medianya memerlukan strategi yang tepat. Fokus masalah dalam skripsi ini adalah 1) Apa saja faktor yang dihadapi Radar Jember di tengah digitalisasi informasi?. 2) Bagaimana strategi pemberitaan yang dilakukan pengelola untuk mempertahankan Radar Jember di tengah digitalisasi informasi?
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja faktor yang dihadapi Radar Jember dan bagaimana strategi pemberitaan yang dilakukan untuk mempertahankan medianya di tengah digitalisasi informasi.
Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, penelitian ini
menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data yakni purposive sampling dan snowball sampling,juga diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini memperoleh kesimpulan 1) Radar Jember meluncurkan radarjember.id sebagai evolusi media dari cetak ke digital (multiformat) dan online (berbasis internet). 2) Radar Jember memanfaatkan website, Instagram dan Youtube untuk publikasi berita dengan gaya khas yang familiar dengan masyarakat Jember, 3) Radar Jember juga memanfaatkan SEO(Search Engine Optimization), Google News Trend, Tagging, dan Event Virtual, 4) Mengoptimalkan kode etik jurnalistik, kemampuan kompetensi jurnalis serta berusaha memenuhi kebutuhan informasi audien, 5) Meningkatkan kualitas berita melalui segmentasi berita, angle berita, gaya bahasa yang santai (di Instagram & Youtube) dan formal untuk website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 08 INFORMATION AND COMPUTING SCIENCES > 0806 Information Systems > 080610 Information Systems Organisation
10 TECHNOLOGY > 1005 Communications Technologies > 100599 Communications Technologies not elsewhere classified
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200102 Communication Technology and Digital Media Studies
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: wildatuz zakiah
Date Deposited: 10 Aug 2022 02:11
Last Modified: 10 Aug 2022 02:11
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/11065

Actions (login required)

View Item View Item