Sistem Kewarisan Muslim Tionghoa Dalam Perspektif Hukum Islam (Studi Analisis Muslim Tionghoa Kabupaten Jember)

Athaya Arkan, Muhammad Fikri (2022) Sistem Kewarisan Muslim Tionghoa Dalam Perspektif Hukum Islam (Studi Analisis Muslim Tionghoa Kabupaten Jember). Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text
Muhammad Fikri Athaya Arkan_S20171004.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kata Kunci: Sistem kewarisan, Muslim Tionghoa, Hukum Islam.
Tercatat dalam kasus tahunan di Indonesia masyarakat Tionghoa banyak menjadi seorang mualaf (orang yang baru memeluk agama Islam). Dalam permasalahan di lapangan banyak sekali mualaf Tionghoa yang berada dalam lingkungan keluarga non muslim terutama di Kabupaten Jember. hal ini mengakibatkan adanya realitas baru yakni terbenturnya hukum Islam dan juga hukum adat dalam beberpa pelaksanaan putusan dalam keluarga salah satunya adalah hukum pembagian harta warisan yang dilaksanakan oleh masyarakat muslim Tionghoa maka dari itu perlu adanya pengkajian berkenaan sistem pembagian harta warisan yang dilakukan oleh masyarakat muslim Tionghoa dalam sudut pandang hukum Islam.
Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana sistem kewarisan muslim Tionghoa di kabupaten Jember? 2) Bagaimana analisis sistem pembagian harta warisan muslim Tionghoa Kabupaten jember dalam perspektif hukum Islam ? 3) Bagaimana analisis sistem pembagian harta warisan muslim Tionghoa Kabupaten jember dalam perspektif hukum Islam di Indonesia?Tujuan penelitian ini adalah: 1) mengetahui Bagaimana sistem kewarisan muslim Tionghoa di kabupaten Jember. 2) mengetahui Bagaimana analisis sistem pembagian harta warisan muslim Tionghoa Kabupaten jember dalam perspektif hukum Islam. 3) mengetahui Bagaimana analisis sistem pembagian harta warisan muslim Tionghoa Kabupaten jember dalam perspektif hukum Islam di Indonesia.
Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, dalam penelitian ini penulis menggunakan penelitian Lapangan (Field Reaserch) dan penelitian kepustakaan (Library Research) tentang . Adapun teknik pengumpulan data menggunakan wawancara observasi dan dokumentasi. Dengan menggunakan analisis data deskriptif kualitatif. Penelitian ini memperoleh kesimpulan: 1) Sistem kewarisan muslim Tionghoa di Kabupaten Jember dalam pelaksanaannya terbagi bagi menjadi dua. Yaitu pelaksanaan yang penuh dilakukan dengan cara hukum Islam, apabila muslim Tionghoa tersebut berada dalam lingkungan keluarga muslim dan pelaksanaan kewarisan yang dilkukan dengan adat dan nilai-nilai Tionghoa. 2) Dalam sudut pandang analisis Islam bahwa ada persamaan dan berbedaan waris Islam dan waris Tionghoa. Yang paling mencolok dalam hukum Islam adalah halangan perbedan keluarga dalam pembagian waris yang dilakukan muslim Tionghoa. akan tetapi dalam beberapa kasus dan kejadian sengketa waris di Indonesia terakit hal tersebut telah dikenakan jalan keluar dengan menggunakan wasiat wajibah bagi ahli waris yang berbeda agama. Sesuai dengan beberpa putusan dan telah menjadi yurisprudensi. Putusan Mahkamah Agung No. 368.K/AG Tahun 1998 dan Putusan Mahkamah Agung No. 51.K/AG Tahun 1999.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1601 Anthropology > 160104 Social and Cultural Anthropology
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180128 Islamic Family Law > 18012816 Mawaris (Inheritance)
Divisions: Fakultas Syariah > Ahwal As-Syakhsyiyyah
Depositing User: Muhammad Fikri Athaya Arkan
Date Deposited: 21 Jul 2022 04:31
Last Modified: 21 Jul 2022 04:31
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/11085

Actions (login required)

View Item View Item