Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Flipbook untuk Pembelajaran Sub Materi Pemisahan Campuran Kelas VII SMP/MTs.

Ayis Naili Firdausyah, - (2021) Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Flipbook untuk Pembelajaran Sub Materi Pemisahan Campuran Kelas VII SMP/MTs. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam.

[img] Text
Ayis Naili Firdausyah_T201710065.pdf

Download (10MB)

Abstract

Ayis Naili Firdausyah, 2021: Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Flipbook untuk Pembelajaran Sub Materi Pemisahan Campuran Kelas VII SMP/MTs. Kata Kunci: Bahan ajar berbasis flipbook, Pemisahan campuran Belajar adalah proses interaksi antara siswa dan guru, bahan ajar, metode pengajaran, strategi pembelajaran, dan sumber belajar dalam suatu lingkungan belajar. Belajar memiliki tujuan yang harus dicapai atau diharapkan. Terutama dalam pembelajaran IPA, yang secara khusus dalam bidang kimia ketiga faktor perlu diperhatikan dalam proses pembelajaran, di mana tidak hanya pengetahuan tetapi juga keterampilan proses dan sikap ilmiah yang dipelajari. Menurut peneliti yang dilakukan di SMPN 1 Songgon, Banyuwangi, pembelajaran khususnya pembelajaran online hanya menggunakan satu sumber belajar yaitu buku paket, tetapi siswa masih kesulitan untuk memahami materi terutama sub materi pemisahan campuran. Sehingga memotivasi peneliti untuk mengembangkan bahan berbasis flipbook. Flipbook adalah aplikasi yang membantu siswa memahami materi dengan mengonversi file PDF yang dapat menggabungkan video, gambar, audio, dan lainnya. Sehingga diharapkan dapat membantu siswa dalam proses pembelajaran terutama dalam memahami materi yang dipelajari. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) Mendeskripsikan hasil validasi dari pengembangan bahan ajar berbasis flipbook sebagai sumber belajar pada sub materi pemisahan campuran kelas VII SMP/MTs 2) Mendeskripsikan respons siswa terhadap bahan ajar berbasis flipbook pada sub materi pemisahan campuran kelas VII SMP/MTs. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan 4-D yang dikembangkan oleh Thiagarajan, di mana model ini memiliki 4 langkah yaitu define, design, develop, dan disseminate. Akan tetapi peneliti memodifikasi kembali hanya sampai pada 3 langkah yaitu define, design, dan develop disebabkan karena keterbatasan waktu dan biaya oleh peneliti. Subjek uji coba terdiri dari dua validator yaitu ahli materi dan ahli media, serta satu guru IPA, 6 siswa uji coba skala kecil, dan 32 siswa uji coba skala besar. Berdasarkan hasil persentase dari para validator menyatakan bahwa: 1) kevalidan materi sebesar 91,43 %, kevalidan media sebesar 90,59 %, dan pengguna (guru IPA) sebesar 92,38 %. Hal ini menunjukkan bahan ajar berbasis flipbook termasuk kategori sangat valid dengan persentase rata-rata 91,47 %. 2) Hasil uji coba respons siswa skala kecil sebesar 90,72 % dan skala besar 97,22 %, yang menunjukkan bahwa bahan ajar berbasis flipbook pada sub materi pemisahan campuran untuk siswa kelas VII SMP/MTs termasuk kategori sangat menarik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: Mr Ifan Ali Mufti
Date Deposited: 20 Jul 2022 08:59
Last Modified: 20 Jul 2022 08:59
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/11086

Actions (login required)

View Item View Item