Rekonstruksi Budaya Religius dalam Membentuk Karakter Siswa di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Yayasan Pendidikan (YP) 17-01 Lumajang

Zulfindardi, Muchlis (2022) Rekonstruksi Budaya Religius dalam Membentuk Karakter Siswa di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Yayasan Pendidikan (YP) 17-01 Lumajang. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Muchlis Zulfindardi_T20171107.pdf

Download (1MB)

Abstract

Muchlis Zulfindardi, 2022: Rekonstruksi Budaya Religius dalam Membentuk Karakter siswa di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Yayasan Pendidikan (YP) 17-01 Lumajang. Kata Kunci: Rekonstruksi, Budaya Religius, Karakter Siswa. Lembaga pendidikan formal menjadi satuan jenjang pendidikan yang didalamnya memiliki fokus dalam pembentukan karakter siswanya. Pembentukan karakter pada satuan pendidikan dapat melalui pendekatan berbasis budaya religius di sekolah yang dilaksanakan dengan menjadikan nilai-nilai tertentu sebagai penekanan karakter yang akan dibentuk pada siswanya. Pemilihan nilai-nilai yang akan menjadi prioritas disesuaikan dengan nilai karakter yang dianggap kurang maksimal dalam penerapan budaya religius di sekolah. Rekonstruksi budaya religius perlu dilakukan sebagai cara untuk membenahi atau memperbaiki kekurangan yang ada dalam lembaga pendidikan, agar nilai-nilai karakter yang menjadi prioritas tersebut bisa dibentuk secara utuh dalam diri siswa melalui budaya religius. Fokus penelitian skripsi ini adalah: 1) Bagaimana rekonstruksi budaya religius dalam membentuk karakter religius siswa di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Yayasan Pendidikan (YP) 17-01 Lumajang? 2) Bagaimana rekonstruksi budaya religius dalam membentuk karakter disiplin siswa di Skolah Menengah Kejuruan (SMK) Yayasan Pendidikan (YP) 17-01 Lumajang. Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mendeskripsikan rekonstruksi budaya religius dalam membentuk karakter religius siswa di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Yayasan Pendidikan (YP) 17-01 Lumajang. 2) untuk mendeskripsikan rekonstruksi budaya religius dalam membentuk karakter disiplin siswa di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Yayasan Pendidikan (YP) 17-01 Lumajang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus. Adapun penentuan subjek penelitiannya menggunakan teknik purposive sampling, dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi partisipatif secara pasif, wawancara dengan sistem semi-terstruktur, dan dokumentasi. Kemudian teknik analisis datanya menggunakan analisis data miles, huberman dan saldana yaitu kondensasi data, penyajian data (menyeleksi, memfokuskan, mengabtraksi, menyederhanakan dan mentransformasi), dan membuat kesimpulan atau verifikasi data. Pengujian keabsahan data menggunakan melalui triangulasi sumber dan teknik. Penelitian ini sampai pada simpulan bahwa 1) rekonstruksi budaya religius dalam membentuk karakter religius siswa dilakukan dengan merevisi visi dan misi sekolah dan mengadakan sarana yang kurang sebagai pendukung pelaksanaan budaya religius agar bisa maksimal. 2) rekonstruksi budaya religius dalam membentuk karakter disiplin siswa dilakukan oleh kepala sekolah dan guru melalui people power atau kekuasaan dengan mencetuskan aturan punishment pada siswa yang telat berjamaah sholat dhuhur dan juga aturan toilet selalu terkunci.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Muchlis Zulfindardi
Date Deposited: 21 Jul 2022 04:21
Last Modified: 21 Jul 2022 04:21
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/11095

Actions (login required)

View Item View Item