Strategi Fundraising Dalam Meningkatkan Perolehan Dana Zakat Di Lembaga Amil Zakat (LAZ) Azka Al-Baitul Amien Kabupaten Jember

Syafira, Audina Amalia (2022) Strategi Fundraising Dalam Meningkatkan Perolehan Dana Zakat Di Lembaga Amil Zakat (LAZ) Azka Al-Baitul Amien Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Audina Amalia Syafira_D20184012.pdf

Download (3MB)

Abstract

Lembaga Amil Zakat merupakan sebuah institusi atau lembaga yang berperan dan juga mempunyai tugas untuk mengelola zakat. Lembaga Amil Zakat merupakan lembaga yang dibentuk oleh masyarakat. Melihat bahwa Lembaga Amil Zakat Azka Al-Baitul Amien Kabupaten Jember merupakan lembaga amil zakat tertua di Kabupaten Jember, sudahlah pasti bahwa fundraiser di Lembaga Amil Zakat Azka Al-Baitul Amien Kabupaten Jember memiliki strategi sendiri yang berbeda dengan strategi Lembaga Amil Zakat (LAZ) lain yakni mengenai meningkatkkan perolehan dana zakat.
Fokus penelitian pada penelitian ini yakni: (1) Bagaimana Strategi Fundraising yang diterapkan oleh LAZ Azka Al-Baitul Amien Kabupaten Jember dalam meningkatkan perolehan dana zakat? (2) Apa saja Faktor Pendukung dan Penghambat Strategi Fundraising dalam Meningkatkan Perolehan Dana Zakat di LAZ Azka Al-Baitul Amien Kabupaten Jember? (3) Bagaimana Evaluasi Strategi Fundraising yang telah diterapkan oleh LAZ Azka Al-Baitul Amien Kabupaten Jember?
Tujuan yang ingin dicapai daripenelitian ini yakni: untuk memaparkan dan juga mendeskripsikan mengenai strategi fundraising yang diterapkan oleh LAZ Azka Al-Baitul Amien Kabupaten Jember dalam meningkatkan perolehan dan zakat.
Dengan melakukan metode penelitian wawancara mendalam dan juga observasi secara langsung, penulis mempelajari Strategi Fundraising yang diterapkan oleh LAZ Azka Al-Baitul Amien Kabupaten Jember dalam meningkatkan perolehan dana zakat. Penelitian ini melibatkan empat informan yakni divisi fundraising, divisi keuangan, manager, juga direktur di LAZ Azka Al-Baitul Amien Kabupaten Jember. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif.
Hasil dari penelitian ini diketahui bahwa: (1) Untuk meningkatkan perolehan dana zakat, strategi yang digunakan LAZ Azka Al-Baitul dalam menghimpun dana zakat terdapat dua metode, yakni direct fundraising dan indirect fundraising. (2) Faktor pendukung meningkatkan perolehan dana zakat di LAZ Azka Al-Baitul Amien yakni adanya media sosial, letak wilayah di bawah naungan masjid Jami’ Al-Baitul Amien, berakidah Ahlusunnah Wal Jamaa’ah, adanya covid-19. Faktor penghambatnya yakni adanya wabah covid-19, keterbatasan SDM. (3) Evaluasi yang telah diterapkan yakni ada evaluasi harian, mingguan, bulanan, dan tahunan (raker).
Kata kunci: Strategi fundraising, dana zakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: Audina Amalia Syafira
Date Deposited: 21 Jul 2022 07:14
Last Modified: 21 Jul 2022 07:14
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/11100

Actions (login required)

View Item View Item