STRATEGI RADIO BINTANG TENGGARA 95,6 FM BANYUWANGI MELALUI PROGRAM JUMAT BERKAH DALAM MEMPERTAHANKAN EKSISTENSINYA DI TENGAH KONVERGENSI MEDIA ONLINE

Rohmah, Siti Muflihatur (2022) STRATEGI RADIO BINTANG TENGGARA 95,6 FM BANYUWANGI MELALUI PROGRAM JUMAT BERKAH DALAM MEMPERTAHANKAN EKSISTENSINYA DI TENGAH KONVERGENSI MEDIA ONLINE. Undergraduate thesis, UIN Kh Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SITI MUFLIHATUR ROHMAH_D20171025.pdf

Download (2MB)

Abstract

Siti Muflihatur Rohmah, 2022 : Strategi Radio Bintang Tenggara 95,6 FM Banyuwangi melalui Program Jumat Berkah dalam Mempertahankan Eksistensinya di Tengah Konvergensi Media Online.
Perkembangan teknologi dan informasi yang signifikan, memicu persaingan antar sebuah media merebut posisinya. Salah satunya media radio. Di era konvergensi media yang muncul saat ini, radio yang dianggap sebagai media tradisional harus bertahan di tengah konvergensi media online untuk mempertahankan eksistensinya sekaligus memperluas audien dan mendapatkan iklan. Hal tersebut terjadi di Radio Bintang Tenggara 95,6 FM yang dianggap sudah menerapkan praktik konvergensi media online. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif untuk mendeskripsikan strategi Radio Bintang Tenggara 95,6 FM melalui Program Jumat Berkah dalam mempertahankan eksistensinya di tengah konvergensi media online. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi yang dimiliki Radio Bintang Tenggara kemudian menguraikan pokok bahasan yang diteliti tersebut.
Berdasarkan konteks tersebut, maka terdapat rumusan masalah. Adapun pertanyaan pertama, yaitu Bagaimana pelaksanaan Program Jumat Berkah yang dilakukan Radio Bintang Tenggara 95,6 FM dalam mempertahankan eksistensinya di tengah konvergensi media online ? dan Kedua, Apa kendala pelaksanaan Program Jumat Berkah yang dilakukan Radio Bintang Tenggara 95,6 FM dalam mempertahankan eksistensinya di tengah konvergensi media online ? Penelitian ini bertujuan untuk menjawab rumusan masalah mengenai bagaimana strategi Radio Bintang Tenggara 95,6 FM Banyuwangi melalui Program Jumat Berkah dalam mempertahankan eksistensinya di tengah konvergensi media online.
Peneliti menggunakan teori strategi Susan Tyler Easmant berupa strategi kesesuaian, strategi kebiasaan, strategi kontrol arus pendengar, strategi penyimpanan sumber-sumber program, dan strategi daya penarik massa di Radio Bintang Tenggara 95,6 FM Banyuwangi dalam upaya mempertahankan eksistensinya di tengah konvergensi media online.
Hasil dari penelitian ini, bahwasannya Radio Bintang Tenggara 95,6 FM Banyuwangi memiliki strategi sesuai teori Susan Tyler Easmant antara lain strategi kesesuaian, strategi pembentukan kebiasaan, strategi kontrol arus pendengar, strategi penyimpanan program dan strategi daya penarik massa. Strategi tersebut digunakan untuk mempertahankan eksistensi Radio Bintang Tenggara 95,6 FM melalui Program Jumat Berkah di tengah konvergensi media online. Hingga kini, Radio Bintang Tenggara masih tetap eksis dan diminati oleh masyarakat serta dapat bersaing dengan media digital lainnya.
Kata kunci : Strategi, Jumat Berkah, Eksistensi, Konvergensi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200101 Communication Studies
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Ms. Mufliha Rohmah
Date Deposited: 27 Jul 2022 01:34
Last Modified: 27 Jul 2022 01:34
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/11109

Actions (login required)

View Item View Item