Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Internet Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas VIII Masa Pandemi Covid-19 di SMPN 2 Mayang Jember

lestari, indah dwi (2022) Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Internet Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas VIII Masa Pandemi Covid-19 di SMPN 2 Mayang Jember. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
INDAH DWI LESTARI.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK

Indah Dwi Lestari, 2022: “Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Internet Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas VIII masa Pandemi Covid-19 di SMPN 2 Mayang.”.

Kata Kunci : Media Pembelajaran Berbasis Internet, Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti

Mewabahnya suatu penyakit yang dikenal dengan corona atau covid-19 menyebabkan pemerintah mengeluarkan kebijakan untuk mengantisipasi penularan virus tersebut, di antaranya isolasi mandiri dan social distancing sampai Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Kondisi demikian membuat lembaga pendidikan melakukan inovasi yaitu dengan belajar di rumah. Belajar dari Rumah dilaksanakan dengan sistem Pembelajaran Jarak Jauh. Lembaga Sekolah SMPN 2 Mayang merupakan salah satu lembaga formal yang menerapkan pembelajaran Daring dengan menggunakan berbagai media berbasis internet dan menerapkan pembelajaran Luring sebagai solusi dari kendala-kendala yang ada pada saat pembelajaran.
Berdasarkan latar belakang di atas dapat disimpulkan fokus penelitian ini sebagai berikut: 1) bagaimana penggunaan media pembelajaran berbasis internet mata pelajaran pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas VIII masa pandemi covid-19 di SMPN 2 Mayang? 2) Bagaimana kendala penggunaan media pembelajaran berbasis internet mata pelajaran pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas VIII masa pandemi covid-19 di SMPN 2 Mayang? 3). Bagaimana solusi kendala penggunaan media pembelajaran berbasis internet mata pelajaran pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas VIII masa pandemi covid-19 di SMPN 2 Mayang?
Tujuan Penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan penggunaan media pembelajaran berbasis internet mata pelajaran pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas VIII masa pandemi covid-19 di SMPN 2 Mayang. 2) Untuk mendeskripsikan kendala penggunaan media pembelajaran berbasis internet mata pelajaran pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas VIII masa pandemi covid-19 di SMPN 2 Mayang? 3) Untuk mendeskripsikan solusi kendala penggunaan media pembelajaran berbasis internet mata pelajaran pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas VIII masa pandemi covid-19 di SMPN 2 Mayang?.
Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yaitu study kasus, teknik pengumpulan data: observasi, wawancara, dokumentasi, teknik analasisinya menggunakan Miles, Huberman dan Saldana diantaranya kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, dan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan : 1) Media yang digunakan di SMPN 2 Mayang bermacam-macam yakni whatshapp, google form, google meet, dan youtube dengan tujuan siswa tetap dapat mengikuti pembelajaran secara daring, dan tidak bosan 2) kendala penggunaan media pembelajaran berbasis Internet. Siswa kurang mengusai media yang digunakan, tempat yang tidak ada sinyal membuat siswa tidak bisa mengakses media yang digunakan 3) solusi kendala penggunaan media berbasis internet yang dilakukan oleh lembaga SMPN 2 Mayang yakni: menggunakan youtube sebagai penyampaian meteri yang bisa diakses kapanpun, mengadakan LURING (pembelajaran luar jaringan berupa pengambilan tugas), pelatihan guru, menambah ketersediaan komputer, meningkatkan wifi, memberi arahan dan pengertian kepada orangtua siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
19 STUDIES IN CREATIVE ARTS AND WRITING > 1902 Film, Television and Digital Media > 190205 Interactive Media
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ms indah dwi lestari
Date Deposited: 21 Jul 2022 07:37
Last Modified: 21 Jul 2022 07:37
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/11110

Actions (login required)

View Item View Item