PENERAPAN METODE AL-MIFTAH LIL ULUM DALAM PEMBELAJARAN KITAB KUNING (FATHUL QARIB) DI PONDOK PESANTREN MIFTAHUL HIKMAH CUPEL NEGARA BALI TAHUN 2021/2022

Irawan, Bagus (2022) PENERAPAN METODE AL-MIFTAH LIL ULUM DALAM PEMBELAJARAN KITAB KUNING (FATHUL QARIB) DI PONDOK PESANTREN MIFTAHUL HIKMAH CUPEL NEGARA BALI TAHUN 2021/2022. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
BAGUS 1.pdf

Download (2MB)

Abstract

Bagus Irawan, 2022 : Penerapan Metode Al-Miftah Lil Ulum dalam Pembelajaran Kitab Kuning di Pondok Pesantren Miftahul Hikmah Cupel Negara Bali Tahun 2021/2022.
Kata Kunci : Metode Al-Miftah Lil Ulum, Pembelajaran Kitab Kuning (Fathul Qarib).
Metode Al-Miftah Lil Ulum merupakan metode cepat dalam membaca kitab kuning. Kitab Al-Miftah Lil Ulum terdiri dari jilid 1-4 berserta satu kitab nazham yang menggunakan lagu modern agar mudah di ingat dan difahami. Metode Al-Miftah Lil Ulum dirintis oleh Ahmad Qusyairi Isma’il dan dikembangkan Batartama (Badan Tarbiyah dan Ta’lim Madrasah) setelah mendapat mandat dari pihak pengasuh pesantren Sidogiri. Pondok pesantren Miftahul Hikmah Cupel Negara Bali mengadopsi metode Al-Miftah Lil Ulum, dengan adanya pembelajaran metode Al-Miftahil Ulum menjadikan Pondok pesantren Miftahul Hikmah mencapai standarisasi kualitas pemahaman dalam membaca kitab kuning.
Fokus penelitian ini adalah : 1) Bagaimana Penerapan Metode Al-Miftah Lil Ulum dalam Pembelajaran Kitab Kuning di Pondok Pesantren Miftahul Hikmah Cupel Negara Bali Tahun 2021/2022 ?: 2) Bagaimana Faktor Penghambat dan Pendukung Penerapan Metode Al-Miftah Lil Ulum dalam Pembelajaran Kitab Kuning di Pondok Pesantren Miftahul Hikmah Cupel Negara Bali Tahun 2021/2022 ?,
Sedangkan tujuan penelitian ini adalah 1) mendeskripsikan Penerapan Metode Al-Miftah Lil Ulum dalam Pembelajaran Kitab Kuning di Pondok Pesantren Miftahul Hikmah Cupel Negara Bali Tahun 2021/2022: 2) mendeskripsikan Faktor Penghambat dan Pendukung Penerapan Metode Al-Miftah Lil Ulum dalam Pembelajaran Kitab Kuning di Pondok Pesantren Miftahul Hikmah Cupel Negara Bali Tahun 2021/2022.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi, wawancara serta dokumentasi. Sementara teknik analisis datanya menggunakan kualitatif deskriptif dengan tiga tahapan yaitu, Reduksi data, Penyajian data , menarik kesimpulan dan verifikasi.
Hasil penelitian ini yaitu, 1) Penerapan metode Al-Miftah Lil Ulum dalam Pembelajaran Kitab Kuning di Pondok Pesantren Miftahul Hikmah Cupel Negara Bali sesuai dengan apa yang terdapat didalam buku jilid metode Al-Miftah Lil Ulum yaitu, pembukaan, apersepsi, penyampaian materi, pemahaman materi, latihan, evaluasi serta penutup. 2) Peneliti menemukan faktor yang mempengaruhi dalam penerapan Al-Miftah Lil Ulum dalam Pembelajaran Kitab Kuning di Pondok Pesantren Miftahul Hikmah Cupel Negara Bali. Faktor Penghambat ada dua yaitu, faktor internal dan faktor eksternal, faktor internal yaitu, motivasi, minat, karakteristik santri yang berbeda-beda. Faktor Eksternal yaitu, keluarga, perhatian orang tua. Faktor pendukung yaitu sumber daya manusia yang profesional, materi yang mudah difahami, sarana prasarana yang memadai, Ketekunan belajar santri.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Bagus Irawan .
Date Deposited: 21 Jul 2022 08:26
Last Modified: 21 Jul 2022 08:26
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/11120

Actions (login required)

View Item View Item