PERAN GURU DALAM MENGATASI PERUNDUNGAN SEBAGAI UPAYA DALAM MENINGKATKAN PERILAKU PROSOSIAL SISWA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS LUAR BIASA BAGIAN BCD (TUNA RUNGU, TUNA GRAHITA, TUNA DAKSA) YPAC KALIWATES KABUPATEN JEMBER

Dwiky, Putri (2022) PERAN GURU DALAM MENGATASI PERUNDUNGAN SEBAGAI UPAYA DALAM MENINGKATKAN PERILAKU PROSOSIAL SISWA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS LUAR BIASA BAGIAN BCD (TUNA RUNGU, TUNA GRAHITA, TUNA DAKSA) YPAC KALIWATES KABUPATEN JEMBER. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
DWIKY NOVIA PUTRI WATERMARK SKRIPSI.pdf

Download (2MB)

Abstract

Dwiky Novia Putri, 2022: “Peran Guru Dalam Mengatasi Perundungan Sebagai Upaya Dalam Meningkatkan Perilaku Prososial Siswa Di Sekolah Menengah Atas Luar Biasa YPAC Kaliwates Kabupaten Jember”.

Kata Kunci: Perundungan Perspektif, Perilaku Prososial, SMALB-BCD YPAC Kaliwates Kabupaten Jember.

Perundungan salah satu bahasan yang tidak pernah habis untuk dibicarakan dan selalu ada dalam setiap zaman.. rasa-rasanya permasalahan ini selalu muncul mewarnai tingkat sosialosasi antar manusia. Hampir setiap saat selalu ada kasus-kasus perundungan yang mengintai di sekitar kita. Sebanyak lebih dari 16.000 anak di seluruh dunia meninggalkan sekolah karena kasus perundungan. Sebanyak 83% dari mereka mengatakan bahwa perundungan memberikan efek negative bagi kepercayaan diri.
Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana peran guru dalam mengatasi perundungan sebagai upaya dalam meningkatkan perilaku prososial siswa di SMALB-BCD YPAC Kaliwates Kabupaten Jember?; 2) Apa saja faktor penghambat dan faktor pendukung dalam meningkatkan perilaku prososial siswa di SMALB-BCD YPAC Kaliwates Kabupaten Jember?.
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan peran guru dalam mengatasi perundungan sebagai upaya dalam meningkatkan perilaku prososial siswa di SMALB-BCD YPAC Kaliwates Kabupaten Jember; 2) Untuk mendeskripsikan faktor penghambat dan faktor pendukung dalam meningkatkan perilaku prososial siswa di SMALB-BCD YPAC Kaliwates Kabupaten Jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian adalah deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data dalam skripsi ini menggunakan observasi non-partisipan, wawancara semi terstruktur, dan dokumenter. Sedangkan analisis data menggunakan model analisis data interaktif yang dikemukakan oleh Miles dan Huberman dan keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan: 1) Perundungan sendiri mempunyai beberapa macam yakni perundungan verbal, dan perundungan fisik. Perundungan jarang terjadi di kalangan siswa SMALB-BCD YPAC Kaliwates Jember, jika pun ada tindakan yang akan dilakukan dalam menghadapi perundungan yakni dengan memberikan pemahaman langsung pada pelaku perundung bahawa sikap tersbut merupakan sikap negative dan merugikan orang lain. 2) Fakor penghambat dalam meningkatkan periaku prososial di SMALB-BCD YPAC Kaiwates Jember meliputi:1) Kurangnya pengarahan kepala sekolah pada guru mengenai konsep perilaku prososial, 2) guru kurang memahami bahwa kebiasaan yang telah diterapkan merupakan perilaku prososial, 3) orang tua siswa bahwa pengajaran tentang saling membantu, berbuat baik pada orang lain termasuk perilaku prososial. Adapun fakor pendukung dalam meningkatkan perilaku prososial di SMAB-BCD YPAC meliputi: 1) guru sabar dalam mengajarkan pengetahuan tentang perilaku prososial, 2) guru mencontohkan langsung tentang perilaku prososial pada pembelajaran, 3) guru mengajarkan pemahaman perilaku prososial dengan mengaitkan pada kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1607 Social Work > 160702 Counselling, Welfare and Community Services
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170113 Social and Community Psychology
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Dwiky Novia Putri
Date Deposited: 10 Aug 2022 02:15
Last Modified: 10 Aug 2022 02:15
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/11125

Actions (login required)

View Item View Item