Implementasi Peace Education Pada Pembelajaran Tematik Kelas Vi Di Madrasah Ibtidaiyah (Mi) Miftahul Ulum 05 Curahkalong Bangsalsari Jember Tahun Pelajaran 2021/2022

Taufiqurrohman, Ahmad (2022) Implementasi Peace Education Pada Pembelajaran Tematik Kelas Vi Di Madrasah Ibtidaiyah (Mi) Miftahul Ulum 05 Curahkalong Bangsalsari Jember Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI AHMAD TAUFIQURROHMAN-T20174073.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK
Ahmad Taufiqurrohman, 2021. Implementasi Peace Education Pada Pembelajaran tematik Kelas VI di MI Miftahul Ulum 05 Curahkalong Bangsalsari Tahun Pelajaran 2021/2022.

Kata Kunci: Peace Education, Pembelajaran Tematik

Peace Education merupakan salah satu bentuk pendidikan yang menekankan pada penanaman dan pemahaman nilai-nilai perdamaian. Dalam penerapannya perlu dihubungkan antara intelektualitas dan kesadaran spiritual serta membimbingnya agar bisa memiliki sikap pencegahan, penyelesaiaan konflik secara damai, harmonis dan menciptakan lingkungan yang kondusif serta pribadi yang memiliki sikkap toleransi. Namun akhir-akhir ini sering terjadi konflik baik antar suku, agama dan lain sebagainya, padahal mereka tahu bahwasanya agama tidak ada yang mengajarkan untuk membuat kekacauan dan menimbulkan konflik. Contoh kecilnya yang terjadi di sekolah ialah sering terjadinya bullying, dan perselisihan/pertengkaran antar siswa. Hal ini mengindikasikan bahwa dunia pendidikan dasar bahkan dengan cakupan lebih luas, yakni Indonesia sedang mengalami krisis moral, spiritual dan sosial.
Adapun fokus penelitiannya adalah 1) Bagaimanakah Bentuk-bentuk Peace Education yang diterapkan dalam pembelajaran tematik kelas VI di MI Miftahul Ulum 05 Curahkalong Bangsalsari Tahun Ajaran 2021/2022?. 2) Bagaimanakah penerapan Peace Education pada pembelajaran tematik kelas VI di MI Miftahul Ulum 05 Curahkalong Bangsalsari Tahun Ajaran 2021/2022?.
Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan bentuk-bentuk Peace Education yang diterapkan dalam pembelajaran tematik kelas VI di MI Miftahul Ulum 05 Curahkalong Bangsalsari Tahun Ajaran 2021/2022 2) Mendeskripsikan penerapan Peace Education dalam pembelajaran tematik kelas VI di MI Miftahul Ulum 05 Curahkalong Bangsalsari Tahun Ajaran 2021/2022
Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis narrative research. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis yang digunakan adalah analisis model Miles, Huberman, dan Saldana yang terdiri dari data condensation, data display, dan conclusive drawing/verification, untuk keabsahan data yang digunakan oleh peneliti adalah triangulasi sumber, dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Bentuk-bentuk Peace Education yang diterapkan ialah: a) melakukan bimbingan khusus terhadap peserta didik yang memiliki masalah dengan temannya (peer-mediation) ketika pulang sekolah. b) melatih peserta didik untuk saling bekerjasama, dan tidak membeda-bedakan kelas ekonomi, latar belakang keluarga, dan etnis (pendidikan multikultural) ketika dilaksankannya pembelajaran tematik dengan muatan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. c) memberikan pemahaman terhadap peserta didik mengenai hak dan kewajiban, serta bagaimana cara agar menghargai dan menghormati hak dan kewajiban orang lain (pendidikan hak asasi manusia) melalui proses belajar mengajar di dalam kelas. 2) Penerapan Peace Education pada pembelajaran tematik dilakukan dengan: a) Mengembangkan Kompetensi Dasar (KD) beserta indikator dalam bentuk RPP sederhana satu hari sebelum dilaksanakannya pembelajaran. b) Mengadakan program bimbingan khusus setiap senin-sabtu setelah pulang sekolah. c) Menempelkan tulisan/poster yang berisi motivasi terhadap peserta didik di setiap dinding sekolah yang berisi tentang ajakan untuk menjaga ketentraman dan kedamaian. d) Penerapan dilakukan di dalam kelas (pada waktu pembelajran berlangsung) dan di luar kelas (ketika kegiatan bimbingan belajar). e) Penerapan dilakukan dengan metode ceramah, belajar aktif pemecahan masalah dalam pembelajaran (Problem Based Learning). f) Program pembiasaan membaca dan menghafal Asma’ul Husna yang dilakukan di dalam kelas setiap pagi sebelum pembelajaran di mulai. g) Mengajak peserta didik untuk berfikir kritis tentang permasalahan faktual yang terjadi, sesuai dengan materi yang diajarkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Peace Education; Pembelajaran Tematik
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130107 Te Whariki (Maori Early Childhood Education)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ahmad Taufiqurrohman
Date Deposited: 20 Jul 2022 08:36
Last Modified: 20 Jul 2022 08:36
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/11131

Actions (login required)

View Item View Item