PERILAKU NARSISTIK DI MEDIA SOSIAL (STUDI TENTANG SIKAP NARSIS MAHASISWA DI MEDIA TIKTOK)

Qubailatul, Mukarromah (2022) PERILAKU NARSISTIK DI MEDIA SOSIAL (STUDI TENTANG SIKAP NARSIS MAHASISWA DI MEDIA TIKTOK). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
QUBAILATUL MUKARROMAH_D20171096.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Qubailatul Mukarromah, 2022: Perilaku Narsistik di Media Sosial (Studi Tentang Sikap Narsis Mahasiswa di Media Tiktok)

Kata Kunci: Perilaku Narsistik, Media Sosial Tiktok, Mahasiswa UIN KHAS Jember

Media sosial merupakan jejaring sosial yang menjadi bagian dari media baru saat ini. Sehingga banyak masyarakat yang menggunakan media sosial dalam kehidupan kesehariannya entah sebagai hiburan,berkreativitas, dan lain-lain. Salah satu media sosial tersebut yaitu media sosial Tiktok yang saat ini telah ramai digunakan. Namun seiring berjalannya waktu, para pengguna media sosial mulai berperilaku narsis di media tersebut. Narsistik merupakan suatu gangguan kepribadian yang memandang diri istimewa dari orang lain dimana mereka biasanya menginginkan perhatian atau pengakuan dari orang lain. Sedangkan saat ini perilaku narsistik di media sosial seakan semakin menjadi ajang perlombaan untuk menampilkan sisi kelebihan diri para pengguna yang aktif mengunggah konten, mulai dari paras wajah, keindahan tubuh, skill yang dimiliki, dan berbagai sisi kelebihan yang dimiliki pembuat konten. Diantara pengguna Tiktok sebagai media narsis tersebut, termasuk diantaranya adalah mahasiswa UIN KHAS Jember.
Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: (1) Bagaimana bentuk-bentuk konten narsistik mahasiswa UIN KHAS Jember yang ditampilkan di media sosial Tiktok. (2) Bagaimana sikap narsistik mahasiswa UIN KHAS Jember dinarasikan di media sosial Tiktok. Berdasarkan fokus penulisan yang penulis rumuskan, secara khusus penulisan ini bertujuan untuk mengetahui bentuk-bentuk konten dan sikap-sikap narsistik yang dinarasikan media sosial Tiktok.
Metode yang digunakan dalam penulisan ini ialah metode kualitatif. Karena penulis ini menjelaskan fenomena yang terjadi di lapangan dengan cara mengumpulkan data-data yang diperoleh dari penulisan. Pendekatan yang digunakan yaitu analisis naratif.Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penulisan ini ialah observasi dan teknik dokumentasi.
Hasil penulisan yang ditemukan penulis yakni terdapat beberapa bentuk konten narsis yang ditampilkan di media sosial Tiktok, yakni personal branding, menduplikasikan konten populer, social branding, dan hiburan. Kemudian untuk sikap narsistik yang dinarasikan, diantaranya berusaha menarik perhatian, menunjukkan rasa istimewa terhadap diri, memasang hashtag terbaru, dan Menunjukkan pikiran yang dipenuhi fantasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200102 Communication Technology and Digital Media Studies
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200104 Media Studies
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Qubailatul Mukarromah
Date Deposited: 21 Jul 2022 02:34
Last Modified: 21 Jul 2022 02:34
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/11136

Actions (login required)

View Item View Item