Penerapan Metode Pembelajaran di Luar Kelas pada Pembelajaran Tematik di Madrasah Ibtidaiyah Bustanul Ulum Bangsalsari Kabupaten Jember

Uliyah, Isniatul (2022) Penerapan Metode Pembelajaran di Luar Kelas pada Pembelajaran Tematik di Madrasah Ibtidaiyah Bustanul Ulum Bangsalsari Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Isniatul Uliyah_T20154097.pdf

Download (15MB)

Abstract

Isniatul Uliyah, 2022: Penerapan Metode Pembelajaran di Luar Kelas pada Pembelajaran Tematik di Madrasah Ibtidaiyah Bustanul Ulum Bangsalsari Kabupaten Jember

Kata kunci : Metode Pembelajaran di Luar Kelas, Pembelajaran Tematik, Madrasah Ibtidaiyah Bustanul Ulum Bangsalsari Kabupaten Jember

Pembelajaran tematik merupakan proses pembelajaran yang mengaitkan beberapa kompetensi baik intra mata pelajaran maupun antar mata pelajaran yang disusun sehingga membentuk sebuah tema. Pembelajaran tematik dalam proses menyampaikan isi materi membutuhkan metode, salah satunya yaitu metode pembelajaran di luar kelas seperti di Madrasah Ibtidaiyah Bustanul Ulum Bangsalsari Kabupaten Jember.

Fokus penelitian yang diteliti adalah bagaimana persiapan, pelaksanaan, tindak lanjut metode pembelajaran di luar kelas pada pembelajaran tematik di Madrasah Ibtidaiyah Bustanul Ulum Bangsalsari Kabupaten Jember?

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan persiapan, pelaksanaan, tindak lanjut metode pembelajaran di luar kelas pada pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah Bustanul Ulum Bangsalsari Kabupaten Jember.

Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian yaitu Study kasus. Lokasi penelitian di Madrasah Ibtidaiyah Bustanul Ulum Bangsalsari Kabupaten Jember. Penentuan subyek penelitian menggunakan purposive. Teknik pengumpulan data yang menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model interaktif dari Mile, Huberman dan Saldana. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.

Hasil dari penelitian ini adalah 1) Tahap persiapan dilakukan di sekolah (ruang guru) meliputi memilih dan menetapkan materi, menentukan tujuan pembelajaran, menyediakan perlengkapan dan tempat, membuat rencana pelaksanaan pembelajaran, menginformasikan ke peserta didik. 2) Tahap pelaksanaan dilakukan di dalam kelas dan di luar kelas meliputi a. Kegiatan pendahuluan, yaitu salam pembuka, berdo’a bersama, cek daftar hadir, cek tempat duduk, cek kerapian siswa, cek kebersihan kelas, menyampaikan tema, tujuan dan tahapan pembelajaran, mereview materi sebelumnya. b. Kegiatan inti, yaitu penyampaian materi dan penerapan metode pembelajaran di luar kelas meliputi penyusunan kelompok, menyampaikan aturan-aturan, diskusi membuat pertanyaan, melaksanakan wawancara, menyusun hasil wawancara, mempresentasikan hasil wawancara dan memberikan tanggapan atau sanggahan. c. Kegiatan penutup, yaitu menyimpulkan materi, pemberian tugas rumah, mereview materi yang sulit, memberi penguatan, menginfokan materi selanjutnya, memberikan penilaian, berdoa dan salam penutup. 3) Tahap tindak lanjut dilakukan di dalam kelas yaitu pengumpulan hasil belajar, guru melakukan tanya jawab, memberikan penilaian dan memberikan tugas rumah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mrs Isniatul Uliyah
Date Deposited: 21 Jul 2022 07:02
Last Modified: 21 Jul 2022 07:02
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/11139

Actions (login required)

View Item View Item