Peran Pembiayaan Baitul Maal Wa Tamwil Terhadap Perkembangan Usaha dan Peningkatan Kesejahteraan Anggota dalam Sektor Mikro Perdagangan di Koperasi BMT UGT Sidogiri Capem Kraksaan-Probolinggo.

Madiyah, - (2021) Peran Pembiayaan Baitul Maal Wa Tamwil Terhadap Perkembangan Usaha dan Peningkatan Kesejahteraan Anggota dalam Sektor Mikro Perdagangan di Koperasi BMT UGT Sidogiri Capem Kraksaan-Probolinggo. Undergraduate thesis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Program Studi Perbankan Syariah.

[img] Text
MADIYAH_E20171025.pdf

Download (58MB)

Abstract

Madiyah, Nadia Azalia Putri, SE., M.M, 2021: Peran Pembiayaan Baitul Maal Wa Tamwil Terhadap Perkembangan Usaha dan Peningkatan Kesejahteraan Anggota dalam Sektor Mikro Perdagangan di Koperasi BMT UGT Sidogiri Capem Kraksaan-Probolinggo. Kata Kunci: Peran Pembiayaan, Perkembangan Usaha, Peningkatan Kesejahteraan Anggota, BMT UGT Sidogiri Capem Kraksaan Probolingo Peran pembiayaan merupakan hal yang sangat penting dalam BMT karena salah satu tugas pokok bank, tugas tersebut yaitu mengumpulkan dana dari masyarakat dan menyalurkan kembali kepada masyarakat dalam bentuk kredit. Fokus masalah penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) bagaimana peran pembiayaan BMT terhadap perkembangan usaha dalam sektor mikro perdagangan di koperasi BMT UGT Sidogiri Capem Kraksaan Probolinggo. Dan 2) bagaimana peran pembiayaan baitul maal wa tamwil terhadap peningkatan kesejahtetaan anggota dalam sektor mikro perdagangan di koperasi BMT UGT Sidogiri Capem Kraksaan Probolinggo. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui peran pembiayaan BMT terhadap perkembangan usaha dalam sektor mikro perdagangan di koperasi BMT UGT Sidogiri Capem Kraksaan Probolinggo. 2) untuk mengetahui bagaimana peran pembiayaan baitul maal wa tamwil terhadap peningkatan kesejahteraan anggota dalam sektor mikro perdagangan di koperasi BMT UGT Sidogiri Capem Kraksaan Probolinggo. Pendekatan penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk analisis datanya menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dan untuk keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) peran pembiayaan dalam perkembangan usaha memiliki peran yan sangat penting karena apabila terjadi kekurangan modal maka dari pihak BMT memberikan berbabagai pinjaman tergantung pada nasabah yang akan melakukan pembiayaan tersebut. 2) peran pembiayaan dalam peningkatan usaha anggota yaitu dengan membutuhkan modal yang cukup banyak untuk peningkatan usahanya, solusi tersebut yaitu dengan melalukan pembiayaan kepada BMT. Berbagai macam pembiayaan yang ada di BMT tergantung seseorang yang akan melakukan pembiayan tersebut. Akan dikatakan meningkat apabila usaha yang di dilakukan banyak peminatnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: Mr Ifan Ali Mufti
Date Deposited: 20 Jul 2022 08:56
Last Modified: 20 Jul 2022 08:56
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/11147

Actions (login required)

View Item View Item