Sistem otomasi perpustakaan berbasis free open source dengan mengimplementasikan software senayan library management system (SLiMS) di madrasah tsanawiyah negeri 2 jember

Syafitri, Novi Nahari (2022) Sistem otomasi perpustakaan berbasis free open source dengan mengimplementasikan software senayan library management system (SLiMS) di madrasah tsanawiyah negeri 2 jember. Undergraduate thesis, UIN KH ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
NOVI NAHARI SYAFITRI T20183002.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kata Kunci: Sistem Otomasi Perpustakaan, Software Senayan Library Management System (SLiMS).

Penggunaan teknologi informasi yang masih dirasa kurang pada beberapa lembaga pendidikan menjadi permasalahan yang cukup ramai dibicarakan. Salah satu cara agar lembaga pendidikan dapat tetap mengalami perkembangan adalah dengan mengoptimalkan pada pengimplementasian teknologi informasi di berbagai bidang pendidikan, salah satunya yaitu dengan adanya perpustakaan berbasis free open source.
Fokus penulisan yang diteliti pada skripsi ini adalah: 1) bagaimana sistem otomasi perpustakaan berbasis Free Open Source dengan mengimplementasikan software senayan library management system (SLiMS) di Madrasah Tsanawiyah. Negeri 2 Jember?; 2) bagaimana penerapan online public access catalog (OPAC), bibliography, circulation, dan membership pada software senayan library management system (SLiMS) di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Jember?.
Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan sistem otomasi perpustakaan berbasis Free Open Source dengan mengimplementasikan software senayan library management system (SLiMS) di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Jember; 2) Untuk mendeskripsikan sistem online public access catalog (OPAC), bibliography, circulation, dan membership pada software senayan library management system (SLiMS) di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Jember.
Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian berupa penelitian deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data pada penelitian ini diawali dengan tahapan pengumpulan data, kondensasi data penyajian data serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Pada keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan berupa: 1) Perpustakaan Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Jember menerapkan sistem otomasi berbasis free open source yang dalam pengimplementasiannya mendayagunakan pada visi misi perpustakaan agar nantinya tujuan dari perpustakaan dapat ter-realisasikan dengan optimal. 2) Perpustakaan Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Jember menerapkan online public access catalog (OPAC), bibliography, circulation, membership sebagai bentuk pengimplementasian pada software senayan library management system (SLiMS) yang mana pada penerapan software ini mempunyai banyak manfaat dan kegunaan bagi keberlangsungan kinerja pustakawan dalam melakukan pengelolaan pada perpustakaan yang berbasis free open source ini. SLiMS mampu memberikan fitur yang sesuai dengan tugas pokok dan fungsi dari pustakawan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mrs Novi Nahari Syafitri
Date Deposited: 20 Jul 2022 09:41
Last Modified: 20 Jul 2022 09:41
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/11149

Actions (login required)

View Item View Item