Pengembangan Modul IPA Materi Lapisan Bumi Kelas VII SMP/MTs Terintegrasi Nilai-Nilai Keislaman.

Ismatul Izzah, - (2021) Pengembangan Modul IPA Materi Lapisan Bumi Kelas VII SMP/MTs Terintegrasi Nilai-Nilai Keislaman. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).

[img] Text
Ismatul Izzah_T201710098.pdf

Download (15MB)

Abstract

Ismatul Izzah, 2021: Pengembangan Modul IPA Materi Lapisan Bumi Kelas VII SMP/MTs Terintegrasi Nilai-Nilai Keislaman. Kata Kunci: Modul, Terintegrasi, Lapisan Bumi Pengembangan modul IPA materi Lapisan Bumi terintegrasi nilai-nilai AlQur’an di SMP Plus Darus Sholah didasarkan pada beberapa temuan yaitu 1) belum tersedianya bahan ajar IPA dengan integrasi ayat-ayat Al-Qur’an di lingkungan SMP Plus Darus Sholah, 2) belum optimalnya bahan ajar yang membimbing siswa dalam memperoleh produk/konsep IPA sebagai sarana mengetahui tanda-tanda kekuasaan Allah SWT untuk mencapai tujuan pendidikan nasional dalam UU RI No.20 tahun 2003 pasal 3 yaitu menciptakan peserta didik yang cerdas, beriman, dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan validitas modul IPA materi Lapisan Bumi terintegrasi nilai-nilai Al-Qur’an untuk siswa kelas VII SMP/MTs, 2) Mendeskripsikan hasil uji respons siswa terhadap modul IPA materi Lapisan Bumi terintegrasi nilai-nilai Al-Qur’an untuk siswa kelas VII SMP/MTs. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model 4-D (Define, Design, Develop dan Disseminate) yang dikembangkan oleh Thiagarajan. Namun peneliti hanya melakukan sampai pada tahap Development. Instrumen pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket validasi ahli dan angket respons siswa. Validasi modul dilakukan oleh ahli materi, ahli materi Al-Qur’an, ahli media dan pengguna (guru). Uji respons siswa dilakukan dengan dua tahap yaitu uji respons siswa skala kecil dilakukan terhadap 6 siswa dan uji respons siswa skala besar dilakukan terhadap 30 siswa. Berdasarkan penelitian yang dilakukan diperoleh hasil 1) validasi oleh para ahli terhadap modul IPA materi Lapisan Bumi terintegrasi nilai-nilai Al-Qur’an kevalidan ahli materi sebesar 89%, ahli materi Al-Qur’an 96%, ahli media 94%, pengguna (guru) 94%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa tingkat validitas modul dinyatakan sangat valid. 2) Hasil uji respons siswa skala kecil sebesar 93% dan hasil uji respons siswa skala besar 95%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa respons siswa sangat menarik terhadap modul IPA materi Lapisan Bumi terintegrasi nilainilai Al-Qur’an untuk siswa kelas VII SMP/MTs.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: Mr Ifan Ali Mufti
Date Deposited: 20 Jul 2022 08:56
Last Modified: 20 Jul 2022 08:56
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/11155

Actions (login required)

View Item View Item