Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Peserta Didik melalui Implementasi Gerakan Literasi di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Jenggawah

Zahrotul Fitriyah, - (2021) Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Peserta Didik melalui Implementasi Gerakan Literasi di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Jenggawah. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam.

[img] Text
ZAHROTUL FITRIYAH_T20151115.pdf

Download (16MB)

Abstract

Zahrotul Fitriyah, 2015: Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Peserta Didik melalui Implementasi Gerakan Literasi di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Jenggawah Kata kunci: Penanaman nilai-nilai pendidikan karakter, Gerakan Literasi Nilai-nilai pendidikan karakter dapat ditanamkan melaui Gerakan Literasi Sekolah (GLS). Gerakan Literasi Sekolah merupakan upaya yang dilakukan secara menyeluruh untuk menjadikan sekolah sebagai organisasi pembelajaran warganya literat sepanjang hayat. Nilai karakter yang perlu ditanamkan kepada peserta didik yakni nilai karakter religius, gemar membaca, cinta ilmu dan rasa ingin tahu. Fokus penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Bagaimana penanaman nilai pendidikan karakter religius melalui implementasi gerakan literasi di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Jenggawah? (2) Bagaimana penanaman nilai pendidikan karakter gemar membaca melalui implementasi gerakan literasi di SMP Negeri 1 Jenggawah? (3) Bagaimana penanaman nilai pendidikan karakter cinta ilmu melalui implementasi gerakan literasi di SMP Negeri 1 Jenggawah? (4) Bagaimana penanaman nilai pendidikan karakter ingin tahu melalui implementasi gerakan literasi di SMP Negeri 1 Jenggawah? Tujuan Penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan tentang penanaman nilai pendidikan karakter religius melalui implementasi gerakan literasi di SMP Negeri 1 Jenggawah. (2) Mendeskripsikan tentang penanaman nilai pendidikan karakter gemar membaca melalui implementasi gerakan literasi di SMP Negeri 1 Jenggawah. (3) Mendeskripsikan tentang penanaman nilai pendidikan karakter cinta ilmu melalui implementasi gerakan literasi di SMP Negeri 1 Jenggawah. (4) Mendeskripsikan tentang penanaman nilai pendidikan karakter ingin tahu melalui implementasi Gerakan Litetasi Sekolah di SMP Negeri 1 Jenggawah. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif dan subyek penelitian dipilih menggunakan teknik purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan model Miles dan Huberman (2014) yang terdiri dari kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data diuji dengan menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil Penelitian ini adalah: (1) Penanaman nilai karakter religus peserta didik dilakukan oleh guru dengan menggunakan metode pembiasaan dan mengunakan metode nasihat bahwa membaca sesuai dengan Q.S Al-Alaq ayat 1-5 (2) penanaman nilai gemar membaca dengan melakukan metode pembiasaan dan mengizinkan peserta didik memilih buku bacaan sesuai keinginan. (3) Penanaman nilai karakter cinta ilmu dengan melakukan pembiasaan memberikan perhatian dan waktu untuk membaca, menulis dan mendengarkan. (4) Menamankan nilai karakter rasa ingin tahu dengan memahami bacaan dan memberikan pertanyaanpertanyaan ringan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: Mr Ifan Ali Mufti
Date Deposited: 20 Jul 2022 08:56
Last Modified: 20 Jul 2022 08:56
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/11166

Actions (login required)

View Item View Item