IMPLEMENTASI LAYANAN BIMBINGAN KONSELING ISLAM SEBAGAI PENUNJANG KARAKTER SOSIAL ISLAMI PADA REMAJA PENGHUNI LKSA IZZATUL JANNAH (Studi Kasus di Desa Dawuhan Lor Kecamatan Sukodono Kabupaten Lumajang)

Muhammad, Agung Budiarjo, - (2021) IMPLEMENTASI LAYANAN BIMBINGAN KONSELING ISLAM SEBAGAI PENUNJANG KARAKTER SOSIAL ISLAMI PADA REMAJA PENGHUNI LKSA IZZATUL JANNAH (Studi Kasus di Desa Dawuhan Lor Kecamatan Sukodono Kabupaten Lumajang). Undergraduate thesis, Fakultas Dakwah Program Studi Bimbingan dan Konseling Islam.

[img] Text
Muhammad Agung Budiarjo_D20173076.pdf

Download (15MB)

Abstract

Muhammad, Agung Budiarjo .2021. IMPLEMENTASI LAYANAN BIMBINGAN KONSELING ISLAM SEBAGAI PENUNJANG KARAKTER SOSIAL ISLAMI PADA REMAJA PENGHUNI LKSA IZZATUL JANNAH (Studi Kasus di Desa Dawuhan Lor Kecamatan Sukodono Kabupaten Lumajang) Kata Kunci: layanan bimbingan konseling islam, karakter sosial islami Bimbingan dan konseling islam adalah upaya pemberian bantuan secara individu maupun kelompok yang bertujuan untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi konseli dengan mengambil keputusan dasar alquran dan alhadis . kegiatan ini dilakukan atas dasar sukarela dan tidak ada tekanan guna memperbaiki individu maupun kelompok untuk menjadi pribadi yang lebih baik serta bermanfaat bagi orang lain Berdasarkan latar belakang maka yang menjadi fokus penelitian adalah:1).Bagaimana Implementasi Layanan bimbingan konseling Islam sebagai penunjang karakter sosial islami pada remaja Di LKSA Izzatul Jannah.2).Bagaimana bentuk karakter sosial islami dengan hasil implementasi layanan bimbingan konseling islam Di LKSA Izzatul Jannah. Berdasarkan rumusan masalah yang telah diuraikan, maka penelitian ini dilakukan dengan tujuan sebagai berikut:1)Untuk mendeskripsikan implementasi layanan bimbingan konseling.2)Untuk mendeskripsikan bentuk karakter sosial islami dan menemukan hasil dari implementasi layanan bimbingan Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif penelitian ini adalah fenomena yang terjadi disekitar masyarakat. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian field research di mana dalam penelitian ini peneliti melakukan pengamatan langsung ke lapangan dan terlibat langsung dalam proses penelitian. Dalam hal ini peneliti cenderung akan menjelaskan tentang layanan Bimbingan dan Konseling islam sebagai Penunjang Karakter Sosial Islami Remaja Hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa layanan bimbingan dan konseling islam sebagai proses penunjang karakter sosial islam sangat mempengaruhi karakter santri di LKSA Izzatul Jannah dibuktikan bahwa dengan layanan bimbingan dan konseling Islam serta penerapan nilai nilai keislaman dapat merubah karakter santri yang awalnya tidak baik menjadi lebih baik dari sebelumnya.Karakter yangdibentuk adalah karakter religious (jujur, disiplin, kerja keras), adaptif (toleransi), dan keahlian bakat minat. Adapun layanan yang diampuh adalah Orientasi,layanan Individu dan Kelompok,layanan Penempatan dan Penyaluran ,layanan Informasi ,layanan Pribadi,layanan Bimbingan Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: Mr Ifan Ali Mufti
Date Deposited: 20 Jul 2022 08:55
Last Modified: 20 Jul 2022 08:55
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/11172

Actions (login required)

View Item View Item