KONVERGENSI MEDIA CETAK LOKAL RADAR JEMBER (Studi Kualitatif Deskriptif Jurnalisme online Radar Jember untuk Mempertahankan Eksistensi di tengah Media Kompetitor)

Kamilah, Isnaini (2022) KONVERGENSI MEDIA CETAK LOKAL RADAR JEMBER (Studi Kualitatif Deskriptif Jurnalisme online Radar Jember untuk Mempertahankan Eksistensi di tengah Media Kompetitor). Undergraduate thesis, Universitas Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
ISNAINIKAMILAH_D20171099.pdf - Other

Download (1MB)

Abstract

Radar Jember yang merupakan koran Jawa Pos yang beredar di tiga daerah Jember, Bondowoso dan Lumajang mengalami penurunan oplah pada tahun 2021 menjadi 5.743. dengan media massa di sekitarnya yang sudah melakukan konvergensi sejak lama, Radar Jember juga memilih konvergensi untuk mengembangkan industrinya guna mempertahankan eksistensinya di tengah media kompetitor. Fokus penelitian yang dipilih oleh peneliti yaitu; 1) bagaimana konvergensi media yang dilakukan Radar Jember dalam memanfaatkan jaringan komunikasi 2) bagaimana cara Radar Jember memanfaatkan Teknologi Informasi saat melakukan konvergensi 3) bagaimana sajian konten Radar Jember setelah melakukan konvergensi?. Dari metode yang dilakukan menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan menggunakan teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, dokumentasi. Data yang di kumpulkan diolah dan dianalis menggunakan Reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Objek penelitian ini meliputi; Direktur Radar Jember, General Manager, Pimpinan Redaksi media cetak dan media online. Dari hasil penelitian proses konvergensi di media cetak Radar Jember menyusung unsur new media yang di paparkan Terry Flew yang meliputi Jaringan Komunikasi, Teknologi Informasi, dan konten media.
Kata Kunci: Konvergensi Media, Media Cetak, Media Kompetitor, Radar Jember

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200102 Communication Technology and Digital Media Studies
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200104 Media Studies
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Mila Isnaini Kamilah Milah
Date Deposited: 10 Aug 2022 02:20
Last Modified: 10 Aug 2022 02:20
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/11185

Actions (login required)

View Item View Item