Strategi pengelolaan dana zakat di Laziskaf Azzainiyah PP Nurul Jadid Paiton Probolinggo

Dianisa, R.A Putri Ayu (2022) Strategi pengelolaan dana zakat di Laziskaf Azzainiyah PP Nurul Jadid Paiton Probolinggo. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
R.A Putri Ayu Dianisa_S20165015.pdf

Download (5MB)

Abstract

R.A Putri Ayu Dianisa, 2022: “Strategi Pengelolaan Dana Zakat Di Laziskaf Azzainiyah Pp. Nurul Jadid Paiton Probolinggo”
Penelitian dengan judul Strategi Pengelolaan Dana Zakat Di Laziskaf
Azzainiyah Pp. Nurul Jadid Paiton Probolinggo dilatarbelakangi karena Di kota probolinggo, setidaknya terdapat beberapa lembaga amil zakat yang telah dikukuhkan oleh pemerintah kabupaten probolinggo, salah satunya Laziskaf Azzainiyah. Dengan adanya lembaga amil zakat ini diharapkan bisa terbangun sebuah sistem zakat nasional yang baku, yang bisa diaplikasikan oleh semua pengelola zakat. Dalam hal ini peneliti memilih untuk melakukan penelitian di lembaga Laziskaf Azzainiyah, Sebagai lembaga yang relatif baru, LAZISKAF Azzainiyah Pondok Pesantren Nurul Jadid dalam operasional pengelolaan keuangan khususnya pada penerimaan dan pendistribusian dana zakat, infaq dan shodaqoh masih menggunakan manual dengan melakukan pencatatan, sehingga kelemahan-kelemahan dalam pengelolaan data masih sering terjadi, seperti kesalahan perhitungan, ketidaksesuaian informasi, pengaksesan data yang memakan waktu relatif lama, dan lain sebagainya. Hal semacam ini dapat menyebabkan kurangnya pengoptimalan dalam pengelolaan dana zakat maupun infaq dan shodaqoh.
Fokus penelitian pada skripsi ini adalah: 1) Bagaimana Strategi Pengelolaan Dana Zakat di Laziskaf Azzainiyah PP. Nurul Jadid Paiton Probolinggo ? dan Apa saja faktor penghambat Pengelolaan Dana Zakat di Laziskaf Azzainiyah PP. Nurul Jadid Paiton Probolingg, tujuannya, untuk mengetahui bagaimana Strategi Pengelolaan Dana Zakat di Laziskaf Azzainiyah pp. Nurul Jadid Paiton Probolinggo dan faktor apa saja kendala dalam pengelolaan dana zakat di Laziskaf Azzainiyah PP Nurul Jadid Paiton Probolinggo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penentuan subyek penelitian dalam penelitian ini menggunakan purposive. Teknik pengumpulan datanya adalah menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber.
Hasil penelitian Strategi yang digunakan dalam menghimpun dana di LAZISKAF Azzainiyah adalah strategi sistem jemput bola. Strategi sistem jemput bola ini sebagai ajang promosi dan sosialisasi secara lebih optimal di masyarakat. Keaktifan pengelola dalam memasarkan program LAZISKAF merupakan komponen terpenting diantara komponen-komponen lainnya yang akan menentukan tingkat keberhasilan lembaga. tahap-tahap penghimpunan dana zakat dengan strategi jemput bola, yaitu: (1)tahap mendata dan (2)tahap Menyurati. Dalam penelitian ditemukan tiga tahapan 1. Pengelolaan dana zakat 2.Penghimpunan dana zakat. 3.Penyaluran dana zakat.Terdapat 2 kendala yaitu 1.Kurangnya sumberdaya manusia yang berkualitas 2. Minimnya pengetahuan tentang lembaga zakat.
Kata kunci : Strategi, Pengelolaan, Zakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150310 Organisation and Management Theory
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150312 Organisational Planning and Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: Miss R.A Putri Ayu Dianisa
Date Deposited: 22 Jul 2022 08:46
Last Modified: 22 Jul 2022 08:46
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/11189

Actions (login required)

View Item View Item