Perspektif Pemikiran KH. R. Abbas Hasan Munadi Tentang Pembaruan Pesantren Al-Azhar Di Desa Tugung Kecamatan Sempu Kabupaten Banyuwangi Tahun 1945-1979

Azizah, Duwi Nur (2022) Perspektif Pemikiran KH. R. Abbas Hasan Munadi Tentang Pembaruan Pesantren Al-Azhar Di Desa Tugung Kecamatan Sempu Kabupaten Banyuwangi Tahun 1945-1979. Undergraduate thesis, UIN KH ACHMAD SIDDIQ.

[img] Text
Duwi Nur Azizah U20184046.pdf

Download (12MB)

Abstract

ABSTRAK
Duwi Nur Azizah, 2022: Perspektif Pemikiran KH. R. Abbas Hasan Munadi Tentang Pembaruan Pesantren Al-Azhar di Desa Tugung Kecamatan Sempu Kabupaten Banyuwangi Tahun (1945-1970).

Pesantren merupakan suatu lembaga pendidikan paling awal di tanah Nusantara yang bercorak Islam. Kemunculan pesantren membuat ajaran Islam lebih mudah diajarkan sehingga mudah pula dimengerti oleh orang-orang yang ingin menimba ilmu tentang Islam secara mendalam. Pesantren dikelola oleh seorang kiai merupakan elite desa khusus menangani ritual keagamaan. Kiai tidak hanya sebagai tokoh sentral dan panutan santri, tetapi dipatuhi oleh masyarakat luas. Dunia pesantren dapat digambarkan seperti parameter, suatu faktor yang secara tebal mewarnai kehidupan sekelompok masyarakat luas.
Fokus penelitian ini adalah: Bagaimana Perspektif Pembaruan pendidikan Islam dalam pemikiran KH.R. Abbas Hasan Munadi? Bagaimana langkah yang digunakan KH.R. Abbas Hasan Munadi dalam mengembangkan Pesantren Al-Azhar pada tahun 1945-1970? . Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan prespektif Pembaruan pendidikan Islam KH.R. Abbas Hasan Munadi, dan menganalisis langkah Pembaruan yang dilakukan KH.R. Abbas Hasan Munadi dalam mengembangkan pesantren Al-Azhar.
Penulisan skripsi ini disusun dengan menggunakan pendekatan historis yang digunakan untuk mendeskripsikan peristiwa yang terjadi pada masa lampau. Adapun metode penulisan sejarah yang digunakan penulis meliputi: Heuristik, Kritik, Interpretasi, dan Historiografi. Teori yang diambil dari penelitian ini adalah teori peran menurut Shaw dan Costanzo dan Teori The Challenge and Respons menurut Arnold J. Toynbee.
Penelitian ini menghasilkan beberapa kesimpulan, yaitu: KH.R. Abbas Hasan Munadi dalam melakukan Pembaruan dengan memadukan pendidikan pesantren dan formal, yaitu: sekolah Al-Azhar dengan berbagai tingkat serta membentuk Syawanah yang membahas tentang permasalahan wanita, langkah-langkah yang dilakukan KH. R. Abbas Hasan Munadi menanamkan santri arti perdamaian, menghargai, mengasihi, kesederhanaan, ikhlas, tolong menolong serta memperbaiki akhlak. Menyadarkan masyarakat tentang bahaya khurafat dan tahayul serta merintis pendidikan agama bagi perempuan sehingga memiliki hak yang sama dalam ilmu pengetahuan.
Kata kunci: Pembaruan, Pendidikan, Pesantren

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 21 HISTORY AND ARCHAEOLOGY > 2102 Curatorial and Related Studies > 210201 Archival, Repository and Related Studies
21 HISTORY AND ARCHAEOLOGY > 2102 Curatorial and Related Studies > 210202 Heritage and Cultural Conservation
21 HISTORY AND ARCHAEOLOGY > 2102 Curatorial and Related Studies > 210204 Museum Studies
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab dan Humaniora > Sejarah Peradaban Islam
Depositing User: Skripsi Duwi Nur Azizah
Date Deposited: 21 Jul 2022 00:46
Last Modified: 21 Jul 2022 00:46
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/11207

Actions (login required)

View Item View Item