Pengaruh Self Regulated Learning Dan Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Animalia Kelas X Mipa Di SMA Negeri 1 Suboh Situbondo

Ahyuni, Kurtu (2021) Pengaruh Self Regulated Learning Dan Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Animalia Kelas X Mipa Di SMA Negeri 1 Suboh Situbondo. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Kurtu Ahyuni_T20178034.pdf

Download (5MB)

Abstract

Kata kunci : Self Regulated Learning, Disiplin Belajar, Hasil Belajar

Penelitian ini dilatar belakangi oleh self regulated learning merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi hasil belajar. Self regulated learning menjadi kebutuhan yang digunakan seseorang untuk melatih kesiapan diri dalam serta penentu tujuan belajar. Dalam meningkatkan hasil belajar tidak lepas dari kesiapan serta dorongan diri sendiri. Dan disiplin belajar merupakan salah satu faktor yang tidak kalah penting dari self regulated learning. Sehingga disiplin belajar penting bagi siswa untuk mendorong siswa memenuhi tuntutan berbagai ketentuan yang telah diterapkan.
Rumusan masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah : 1) Bagaimanakah self regulated learning siswa pada materi animalia kelas X MIPA di SMA Negeri 1 Suboh Situbondo? 2) Bagaimanakah disiplin belajar siswa pada materi animalia kelas X MIPA di SMA Negeri 1 Suboh Situbondo? 3) Bagaimanakah hasil belajar siswa pada materi animalia kelas X MIPA di SMA Negeri 1 Suboh Situbondo? 4) Apakah self regulated learning dan disiplin belajar berpengaruh signifikan secara bersama-sama terhadap hasil belajar siswa pada materi animalia kelas X MIPA di SMA Negeri 1 Suboh Situbondo? 5) Apakah self regulated learning dan disiplin belajar berpengaruh signifikan secara individu terhadap hasil belajar siswa pada materi animalia kelas X MIPA di SMA Negeri 1 Suboh Situbondo?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif kausal, menggunakan metode survey yang dilakukan di SMA Negeri 1 Suboh Situbondo. Populasi meliputi siswa kelas X MIPA. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 125 siswa dengan teknik pengambilan sampel menggunakan clauster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda dengan bantuan SPSS version 25 for Windows.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Self regulated learning siswa di SMA Negeri 1 Suboh Situbondo dalam kategori sangat tinggi sebesar 2%, kategori tinggi sebesar 95%, kategori sedang sebesar 3%. 2) Disiplin belajar siswa di SMA Negeri 1 Suboh Situbondo dalam kategori sangat tinggi sebesar 12%, kategori tinggi sebesar 86%, kategori sedang sebesar 2%. 3) Hasil belajar siswa di SMA Negeri 1 Suboh Situbondo dalam kategori sangat tinggi sebesar 63%, kategori tinggi sebesar 33%, kategori sedang sebesar 4%. 4) Terdapat pengaruh signifikan self regulated learning dan disiplin belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar siswa di SMA Negeri 1 Suboh Situbondo dengan hasil uji F dipengaruhi oleh nilai Fhitung sebesar 44,392 lebih besar dari Ftabel = 3,070 dengan taraf kepercayaan 0,05. 5) Terdapat pengaruh signifikan self regulated learning dan disiplin belajar secara individu terhadap hasil belajar siswa di SMA Negeri 1 Suboh Situbondo.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0608 Zoology > 060808 Invertebrate Biology
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Ms Kurtu Ahyuni
Date Deposited: 21 Jul 2022 03:30
Last Modified: 21 Jul 2022 03:30
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/11219

Actions (login required)

View Item View Item