IMPLEMENTASI PROGRAM BIMBINGAN MENGAJI AL-QUR’AN DALAM MENINGKATKAN BUDAYA LITERASI SISWA DI MAN 1 SITUBONDO TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Risky, Fathiyatur (2022) IMPLEMENTASI PROGRAM BIMBINGAN MENGAJI AL-QUR’AN DALAM MENINGKATKAN BUDAYA LITERASI SISWA DI MAN 1 SITUBONDO TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

This is the latest version of this item.

[img] Text
FATHIYATUR RISKY_T20181332.pdf

Download (7MB)

Abstract

Pada era pesatnya kemajuan teknologi seperti saat ini, menjadikan pendidikan Qur’an untuk anak banyak mengalami problematika. Penggunaan media teknologi banyak menyita waktu & perhatian remaja, mereka menjadi malas dan kurang termotivasi untuk melakukan aktivitas bermanfaat seperti belajar & beribadah. Dari problematika diatas, pendidikan Islam memilki hambatan dalam membentuk generasi Qur’ani. Upaya Madrasah dalam meningkatkan budaya literasi Qur'an siswa serta wujud manifestasi pendidikan keagamaan, melalui program bimbingan mengaji di MAN 1 Situbondo.
Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah : (1) Bagaimanakah Implementasi Program Bimbingan Mengaji Al-Qur’an dalam meningkatkan Budaya Literasi Siswa di MAN 1 Situbondo, (2) Apa hasil (kontribusi) Program Bimbingan Mengaji Al-Qur’an dalam meningkatkan Budaya Literasi Siswa di MAN 1 Situbondo. Tujuan penelitian ini adalah : (1) Untuk Mendeskripsikan Implementasi Program Bimbingan Mengaji Al-Qur’an dalam Meningkatkan Budaya Literasi Siswa (2) Untuk Mengkaji Hasil (Konstribusi) Program Bimbingan Mengaji Al-Qur’an dalam Meningkatkan Budaya Literasi Siswa.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Deskriptif. Penelitian ini dikategorikan dalam penelitian lapangan (Field research). Jenis penelitiannya yaitu penelitian studi kasus. Subjek penelitian diambil menggunakan sampling purposif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi,wawancara,dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis data kualitatif model interaktif. Terdiri dari pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data yakni menggunakan triangulasi sumber, dan triangulasi teknik.

Adapun hasil penelitian ini adalahh: 1) Implementasi Program Bimbingan Mengaji Al-Qur’an : a)Program bimbingan mengaji dilaksanakan setiap Senin – Kamis pukul 07.30-08.30 dan wajib diikuti semua siswa.Sistem pembagian kelas dikategorikan berdasarkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa. Selama proses bimbingan mengaji juga diajarkan mengenai makharijul huruf dan tajwid.Setiap kelas bimbingan mengaji terdapat satu guru pengawas & guru pembimbing mengaji. Proses pelaksanaan bimbingan mengaji, diawali dengan do’a bersama, presensi kehadiran siswa, selanjutnya siswa mengaji. 2) Kontribusi program bimbingan mengaji dalam meningatkan budaya literasi yaitu a) Bimbingan mengaji Al-Qur'an dapat meningkatkan budaya mengaji Al-Qur’an. b) Melalui kelas bimbingan mengaji lancar plus, siswa diajarkan untuk memahami makna dan kandungan ayat Qur’an. c) Melalui ekstra kurikuler dakwah dan kegiatan kultum dapat meningkatkan literasi siswa dalam melatih kemampuan komunikasi. d) Melalui ekstra kaligrafi meningkatkan literasi siswa terutama dalam bidang tulis menulis huruf hijaiyah dengan baik dan juga indah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Bimbingan Mengaji Al-Qur’an, Budaya Literasi.
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2099 Other Language, Communication and Culture > 209999 Language, Communication and Culture not elsewhere classified
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Fathiyatur Risky
Date Deposited: 21 Jul 2022 08:23
Last Modified: 21 Jul 2022 08:23
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/11224

Available Versions of this Item

  • IMPLEMENTASI PROGRAM BIMBINGAN MENGAJI AL-QUR’AN DALAM MENINGKATKAN BUDAYA LITERASI SISWA DI MAN 1 SITUBONDO TAHUN PELAJARAN 2021/2022. (deposited 21 Jul 2022 08:23) [Currently Displayed]

Actions (login required)

View Item View Item