PERILAKU KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DALAM MENCAPAI TUJUAN PENDIDIKAN DI MADRASAH ALIYAH MIFTAHUL ULUM SUREN LEDOKOMBO JEMBER TAHUN PELAJARAN 20162017

Muhammad, Muwefik (2022) PERILAKU KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DALAM MENCAPAI TUJUAN PENDIDIKAN DI MADRASAH ALIYAH MIFTAHUL ULUM SUREN LEDOKOMBO JEMBER TAHUN PELAJARAN 20162017. [Laporan Penelitian] (Unpublished)

[img] Text
PERILAKU KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL.pdf

Download (901kB)

Abstract

Khoirul Wasif. 2016. Perilaku kepemimpinan transformasional dalam mencapai
tujuan pendidikan di MA Miftahul Ulum Suren Ledokombo Jember tahun
pelajaran 2016/2017
Kepemimpinan transformasional adalah suatu pendekatan kepemimpinan
dengan melakukan usaha mengubah kesadaran, membangkitkan semangat dan
mengilhami bawahan atau anggota organisasi untuk mengeluarkan usaha ekstra
dalam mencapai tujuan organisasi, tanpa merasa ditekan atau tertekan. Seorang
pemimpin dikatakan bergaya transformasional apabila dapat mengubah situasi,
mengubah apa yang biasa dilakukan, bicara tentang tujuan yang luhur, memiliki
acuan nilai kebebasan, keadilan dan kesamaan
Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: Bagaimanakah Perilaku
Kepemimpinan Transformasional dalam Mencapai Tujuan Pendidikan di
Madrasah Aliyah Miftahul Ulum Suren Tahun Pelajaran 2016/2017?
Sedangkan sub fokus penelitiannya adalah: a. Bagaimanakah perilaku
kepemimpinan transformasional dalam menyiapkan siswa untuk melanjutkan
ke jenjang yang lebih tinggi di Madrasah Aliyah Miftahul Ulum Suren Tahun
Pelajaran 2016/2017?b. Bagaimanakah perilaku kepemimpinan
transformasional dalam menyiapkan siswa agar mampu mengembangkan diri
sesuai perkembangan IPTEK di Madrasah Aliyah Miftahul Ulum Suren Tahun
Pelajaran 2016/2017? c.Bagaimanakah Perilaku Kepemimpinan
Transformasional dalam menyiapkan siswa agar mampu menjadi anggota
masyarakat yang baik dan religius di Madrasah Aliyah Miftahul Ulum Suren
Tahun Pelajaran 2016/2017?
Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan
metode penelitian kualitatif deskriptif, menganalisis perilaku kepemimpinan
transformasional dalam mencapai tujuan pendidikan di Madrasah Aliyah Miftahul
Ulum Suren Tahun Pelajaran 2016/2017. Adapun teknik pengumpulan data
menggunakan interview, observasi partisipatif dan dokumentasi. Sedangkan
analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan verifikasi atau
kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi
metode.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan:a) Perilaku kepemimpinan
transformasional dalam menyiapkan siswa untuk melanjutkan ke jenjang yang
lebih tinggi di Madrasah Aliyah Miftahul Ulum Suren Tahun Pelajaran
2016/2017. Menempatkan guru sesuai bidangnya, bekerja sama dengan wali
murid,menyiap kan sarana dan prasarana, menyiapkan administrasi persyaratan
untuk ke jenjang selanjutnya.b) Perilaku kepemimpinan transformasional dalam
menyiapkan siswa agar mampu mengembangkan diri sesuai perkembangan
IPTEK di Madrasah Aliyah Miftahul Ulum Suren Tahun Pelajaran 2016/2017.
yaitu: Dengan menempatkan guru TIK kepada bidangnya,menyiapkan sarana dan
prasarana, memberi tugas lewat media internet, les sepulang sekolah. Perilaku
kepemimpinan transformasional dalam menyiapkan siswa agar mampu menjadi

viii

anggota masyarakat yang baik dan religius di Madrasah Aliyah Miftahul Ulum
Suren Tahun Pelajaran 2016/2017. yaitu: mendalami ilmu tingkah laku yang
baik(ahlak terpuji),mengadakan sosialisasi seperti santunan anak yatim dan kerja
bakti di halaman sekolah, memondokkan anak didik.

Item Type: Laporan Penelitian
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Muhammad Muwefik
Date Deposited: 29 Jul 2022 07:51
Last Modified: 29 Jul 2022 07:51
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/11228

Actions (login required)

View Item View Item