Peran Orang Tua Single Parent dalam Menumbuhkan Kemandirian Ibadah Sholat Fardhu Pada Anak Usia Remaja di Desa Bangsalsari Kabupaten Jember

Adiba, Anisa Fara (2022) Peran Orang Tua Single Parent dalam Menumbuhkan Kemandirian Ibadah Sholat Fardhu Pada Anak Usia Remaja di Desa Bangsalsari Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, UIN KHAS Jember.

[img] Text
ANISA FARA ABIDA_D20173016.pdf

Download (3MB)

Abstract

Orang tua tuggal (singgle parent) merupakan suatu keadaan di mana seorang perempuan maupun laki-laki yang ditinggalkan oleh pasangannya baik karena terpisah, meninggal dunia, bercerai dan kemudian memutuskan untuk tidak menikah lagi serta memilih untuk menghabiskan waktu dan seluruh hidupnya merawat dan membesarkan anak-anaknya seorang diri. Dalam hal ini setiap orang tua tunggal (single parent) memiliki tugas, fungsi, serta cara yang diterapkan kepada anak usia remaja supaya dapat lebih mandiri dan disiplin dalam melaksanakan ibadah sholat fardhu. Berdasarkan observasi yang dilakukan oleh peneliti di lapangan, orang tua tunggal (single parent) masih terdapat kesulitan dalam memonitoring (mengawasi) kegiatan sehari-hari anak di rumah maupun di lingkungan sosial, orang tua tunggal (single parent) memiliki waktu sedikit dalam mengurus anak-anaknya dalam mengawasi, mendidik, membimbing, dan mendampingi anak usia remaja. Oleh sebab itu peneliti tertarik untuk meneliti bagaimana cara yang diterapkan oleh orang tua tunggal dalam menumbuhkan kemandirian ibadah sholat anak usia remaja di Desa Bangsalsari Kabupaten Jember.
Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini yaitu Bagaimana peran orang tua tunggal (single parent) dalam menumbuhkan kemandirian ibadah sholat fardhu pada anak usia remaja di Desa Bangsalsari Kabupaten Jember. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana peran orang tua tunggal (single parent) dalam menumbuhkan kemandirian ibadah sholat fardhu anak usia remaja di Desa Bangsalsari Kabupaten Jember.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, dengan subyek penelitian yaitu orang tua tunggal (single parent) dan anak usia remaja di Desa Bangsalsari Kabupaten Jember. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan yaitu analisis data deskriptif. Dalam menguji keabsahan data menggunakan teknik Triangulasi data.
Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Peran Orang Tua Tunggal (Single Parent) Dalam Menumbuhkan Kemandirian Ibadah Sholat Fardhu Anak Usia Remaja di Desa Bangsalsari Kabupaten Jember yaitu sebagai berikut: menjalin komunikasi dan kerjasama antara anak dangan orangtua, serta menjalakan tugas dan fungsi orang tua. Sedangakan masalah yang dihadapi oleh orang tua tunggal (single parent) yaitu kurangnya waktu dalam memantau anak, ada dua aspek dari fungsi orang tua yang kurang maksimal dalam pelaksanaannya.
Kata Kunci : Orang Tua Tunggal, Kemandirian, Ibadah Sholat, Remaja

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1607 Social Work > 160702 Counselling, Welfare and Community Services
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Anisa Fara Abida
Date Deposited: 21 Jul 2022 06:39
Last Modified: 21 Jul 2022 06:39
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/11230

Actions (login required)

View Item View Item