Strategi Membangun Citra Positif TV Lokal Melalui Program Acara Siaran Klinong-Klinong Campursari di Jogja TV

Hasni, Siti (2022) Strategi Membangun Citra Positif TV Lokal Melalui Program Acara Siaran Klinong-Klinong Campursari di Jogja TV. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Siti Naila Adiba Hasni_D20171052.pdf

Download (3MB)

Abstract

Jogja TV merupakan stasiun TV lokal di Jogjakarta yang menyajikan
konten program acara yang sangat variatif dan menarik, mulai dari program pemberitaan, feature, program budaya dan hiburan, talkshow, dan pendidikan. Beberapa nama dari proam siaran cara Jogja TV yakni jelajah kampus, adiluhung, tekad, rolasan, klinong-klinong campursari dan sebagainya. Dikatakan sebagai sebagai televisi lokal yang megangkat budaya lokal daerah Yogyakarta dan sekitarnya melalui program acaranya, menghadirkan berita lokal, nasional, dan internasional yang aktual serta menjadi sarana apresiasi kreatifitas masyarakat Jogja dan sekitarnya, yang tampak dari program-program yang melibatkan partisipasi masyarakat secara langsung. Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah :1) Bagaimana strategi membangun citra positif TV lokal di Jogja TV? 2) Bagaimana program acara siaran klinong-klinong campursari ditampilkan sebagai strategi membanguncitra positif TV lokal?Tujuan penelitian yang dilakuakan oleh peneliti adalah: 1) Mengetahui strategi membangun citra positif TV lokal di Jogja TV. 2) Memahami program acara siaran klinong-klinong campursari ditampilkan sebagai strategi membanguncitra positif TV lokal. Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, peneitian ini menggunakan pendekatan penelitian dalam kasus ini menggunakan pendekatan penelitiankualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini memperoleh kesimpulan 1) Jogja TV tetap menayangkan program klinong-klinong campursari dan menjadikannya salah satu program unggulan meskipun acara klinong-klinong campursari bukan acara berbayar sebab mampu menarik atensi masyarakat lewat tayangan tradisional yang disukai oleh sebagian besar masyarakat lokal Jogja dan sekitarnya. Tayangnya program acara klinong-klinong campursari adalah bentuk strategi yang dibuat untuk tetap mengkukuhkan citra positif milik Jogja TV. 2) Jogja TV mengambil peran media massa terhadap masyarakat luas beserta institusi-institusi lainnya. Pandangan ini menggambarkan keterkaitan antara media dengan institusi lain, seperti dinas Jogjakarta dalam kasus Jogja TV. Selain itu Jogja TV juga memiliki hubungan antara media dan audiennya, baik secara kelompok maupun individual. Teori-teori mengenai hubungan antara kelompok dan audien menekankan pada efek-efek individu dan kelompok sebagai hasil interaksi dengan media. Contohnya keberhasilan program acara klinong-klinong campursari yang menyedot atensi sebagian masyarakat Jogja dan sekitarnya.
Kata Kunci: Strategi, Citra Positif Televisi Lokal, Program Acara Siaran, Jogja
TV.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 19 STUDIES IN CREATIVE ARTS AND WRITING > 1902 Film, Television and Digital Media > 190204 Film and Television
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200104 Media Studies
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Siti Hasni
Date Deposited: 22 Jul 2022 06:49
Last Modified: 22 Jul 2022 06:49
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/11232

Actions (login required)

View Item View Item