MODEL INQUIRY BASED LEARNING PADA KITAB FATHUL QORIB DI PONDOK PESANTREN ASSUNNIYYAH KENCONG JEMBER TAHUN PELAJARAN 2020-2021

imaduddin, imaduddin (2022) MODEL INQUIRY BASED LEARNING PADA KITAB FATHUL QORIB DI PONDOK PESANTREN ASSUNNIYYAH KENCONG JEMBER TAHUN PELAJARAN 2020-2021. Masters thesis, UIN KH. Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Imaduddin_0849319055.pdf

Download (7MB)

Abstract

Kata Kunci: Inquiry Based Learning; fathul qorib

Model inquiry based learning adalah suatu rangkaian kegiatan yang melibatkan kegiatan belajar secara maksimal seluruh kemampuan peserta didik untuk mencari dan menyelidiki secara sistematis, kritis, logis, analitis, sehingga mereka dapat merumuskan sendiri penemuannya dengan penuh percaya diri. Manfaat model inquiry based learning adalah peserta didik memahami konsep-konsep dasar dan ide lebih baik, membantu penggunaan daya ingat dan transfer pada proses belajar yang baru dan mampu mengembangkan kemampuan berpikir kritis peserta didik.

Fokus penelitian ini meliputi 4 pembahasan: (1) Bagaimana perencanaan model inquiry based learning pada kitab fathul qorib di pondok pesantren Assunniyyah tahun pelajaran 2020-2021. (2) Bagaimana pelaksanaan model inquiry based learning pada kitab fathul qorib di pondok pesantren Assunniyyah tahun pelajaran 2020-2021. (3) Bagaimana evaluasi model inquiry based learning pada kitab fathul qorib di pondok pesantren Assunniyyah tahun pelajaran 2020-2021. (4) Bagaimana hambatan-hambatan model inquiry based learning pada kitab fathul qorib di pondok pesantren Assunniyyah tahun pelajaran 2020-2021.

Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kualitatif diskriptif. Lokasi penelitian ini di pesantren Assunniyyah Kencong Jember. Penentuan informan menggunakan cara purposive dan snowball. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, dokumentasi, dan observasi. Analisis data menggunakan Miles dan Hibberman yaitu: data coollection, data condensation, data display, drawing dan verifiying conclusiaon. Keabsahan data menggunakan tringulasi sumber dan teknik.

Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: (1) Perencanaan pembelajaran Inqury Based Learning pada kitab Fathul Qorib di Pesantren Assunniyah Kencong Jember dilaksanakan pada 3 hal: Merencanakan Media Pembelajaran dan Sumber Belajar, Sarana dan Prasarana Pembelajaran, dan Model Pembelajaran, (2) Pelaksanaan Model Inquiry Based Learning pada Kitab Fathul Qorib di Pondok Pesantren Assunniyyah Kencong Jember difokuskan pada 3 langkah pembelajaran yaitu : Persiapan Pembelajaran, Pembelajaran Badan Musyawarah Waqi’iyyah (BMW) dan Menyimpulkan Hasil, (3) Evaluasi Pembelajaran Model Inquiry Based Learning pada Kitab Fathul Qorib di Pondok Pesantren Assunniyyah Kencong Jember difokuskan 2 evaluasi yaitu Evaluasi Penggunaan Media pembelajaran dan Sumber Belajar dan Evaluasi Keaktifan Santri dalam Kegiatan Badan Musyawarah Waqi’iyyah (BMW), (4) Hambatan – hambatan yang ditemui selama proses pembelajaran berbasis inkuiri dalam kitab Fathul Qorib bisa antara lain :1) Pemanfaatan Media dan Sumber Belajar belum optimal, 2) Minimnya Motivasi Asatidz dalam Pembelajaran, 3) Evaluasi Hasil Belajar Belum Optimal.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: mr. imad uddin
Date Deposited: 21 Jul 2022 07:16
Last Modified: 21 Jul 2022 07:16
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/11248

Actions (login required)

View Item View Item