Skripsi

Hidayat, Alim (1997) Skripsi. Masters thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
ALIM HIDAYAT_S20163018.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Alim Hidayat, 2022: Wewenang Kepala Desa Dalam Mengangkat Perangkat Desa Berdasarkan Perbub Bondowoso Nomor 35 Tahun 2015 (Studi Kasus Desa Sulek Kecamatan Telogosari Kabupaten Bondowoso)
Kata Kunci : Kepala Desa, Perangkat Desa, Masyarakat.

Desa merupakan suatu otonomi yang murni dari pada Negara yang keberadaannya secara turun temurun dengan berlandaskan kepada sistem demokrasi masyarakat Indonesia, yaitu Dengan adanya suatu pemilihan kepala desa. Dengan menggunakan suatu sistem pemilihan ini kepala desa sangat penting posisinya bagi masyarakat desa demi kalangsungan bermasyarakat serta adanya sebuah pelayanan yang di berikan oleh negara melalui kepala desa tersebut serta jajarannya atau perangkat desa yang bertugas membantu kepala desa.
Fokus penelitian ini adalah : 1) Bagaimana wewenang kepala desa dalam mengangkat perangkat Desa Sulek pada Tahun 2016 menurut peraturan daerah Kabupaten Bondowoso Nomor 35 tahun 2015 tentang Peraturan Pelaksana Peraturan Daerah Kabupaten Bondowoso? 2) Apa yang menjadi faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan perekrutan perangkat Desa Sulek Kecamatan Tlogosari Kabupaten Bondowoso?
Selaras dengan fokus penelitian diatas, maka tujuan penelitian ini adalah: 1) Bagaimana Wewenang Kepala Desa Dalam Mengangkat Perangkat Desa Berdasarkan Perbup Bondowoso No 35 Tahun 2015 Tentang Peratura Pelaksana Peraturan Daerah Kabupaten Bondowoso 2) Kendala-Kendala Apa Saja Yang Di Hadapi Oleh Kepala Desa Dalam Penjaringan Dan Pembentukan Perangkat Desa Sulek.
Jenis penelitian yang digunakan ini adalah studi kasus. Penelitian studi kasus memusatkan perhatian pada satu objek tertentu yang diangkat sebagai sebuah kasus untuk dikaji secara mendalam. Untuk itu pada bagian ini akan diuraikan tentang pendekatan dan jenis penelitian, pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi, selanjutnya analisis data menggunakan Milles and Huberman. Keabsahan data dengan menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Kesimpulan yang di peroleh dari penelitian ini 1) pelaksanaan pengangkatan perangkat desa sudah sesuai dengan Perbup Bondowoso No 35 Tahu 2015 dan juga UU No 6 tahun 2014 Tentang Desa 2). Hambatan yang terjadi ketika melakukan penjaringan perangkat desa (a) perangkat desa dari kerabat kepala desa (b). kesenjangan sosial antara pemerintah desa dengan masyarakat (c). ujian yang dilakukan kurang begitu maksimal.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Tata Negara
Depositing User: Mr. Alim Hidayat Alim
Date Deposited: 22 Jul 2022 07:35
Last Modified: 22 Jul 2022 07:35
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/11266

Actions (login required)

View Item View Item